NasDem Usul Gaji Anggota DPR Dipotong 50 Persen Atasi Corona

CNN Indonesia | Senin, 30/03/2020 14:46 WIB
Ketua Fraksi NasDem di DPR Ahmad Ali mengusulkan pemotongan gaji sebesar 50 persen bisa mulai dilakukan sejak April 2020. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fraksi Partai NasDem di DPR RI mengusulkan agar gaji anggota DPR RI dipotong sebesar 50 persen untuk penanganan virus corona (Covid-19).

Ketua Fraksi NasDem di DPR RI Ahmad Ali menyatakan bahwa pemotongan gaji sebesar 50 persen bisa mulai dilakukan sejak April 2020. Dia menyerahkan mekanisme pemotongan gaji anggota DPR RI lebih lanjut kepada Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI.

"Sebagai rasa solidaritas dan ikut serta dalam gerakan gotong royong sebagai anak bangsa dalam upaya mengatasi wabah Covid-19, Fraksi Partai NasDem mengusulkan pemotongan 50 persen gaji anggota dewan yang terhormat mulai bulan April 2020," kata Ali lewat keterangan persnya yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (30/3).
Dia juga menyatakan bahwa NasDem mendesak agar dilakukan relokasi anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang ditujukan bagi penanganan virus corona.


Ali menuturkan bahwa NasDem mengusulkan agar relokasi dilakukan secara penuh untuk agenda mengatasi penyebaran virus corona beserta dampak-dampak yang akan ditimbulkan.

"Relokasi anggaran tidak akan optimal jika hanya mengandalkan Inpres Nomor 4 Tahun 2020. Butuh anggaran lebih besar jika kita ingin benar-benar serius untuk mengatasi wabah ini," tuturnya.

Dia pun menyampaikan bahwa sekitar 15 persen dari APBN dibutuhkan untuk mengatasi virus corona. Untuk merealisasikan hal tersebut, lanjutnya, NasDem meminta Presiden Joko Widodo untuk segera mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) untuk melakukan perubahan atas APBN 2020.

[Gambas:Video CNN]

Sebelumnya, Fraksi PPP telah mengusulkan pemotongan gaji anggota DPR RI untuk membantu penanganan virus corona. Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Achmad Baidowi mengusulkan penggalangan dana dari anggota parlemen untuk penanganan virus corona. Dana itu akan digunakan untuk membeli alat-alat kesehatan untuk membantu beberapa rumah sakit.

Awiek mengatakan pihaknya menyerahkan besaran patungan kepada pimpinan DPR RI.

"Fraksi PPP DPR mengusulkan kepada pimpinan DPR untuk melakukan kebijakan pemotongan gaji anggota DPR bulan April 2020 yang nanti disumbangkan untuk penanganan Covid-19," tuturnya.
(mts/ugo)