Tambah 21, Lonjakan Kematian Pasien Corona Tertinggi Hari Ini

CNN Indonesia | Rabu, 01/04/2020 19:11 WIB
Tambah 21, Lonjakan Kematian Pasien Corona Tertinggi Hari Ini Pemakaman pasien corona yang meninggal dunia. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jumlah pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Indonesia yang meninggal dunia mencapai 157 orang per hari ini, Rabu (1/4), dari total keseluruhan pasien positif corona sebanyak 1.677 orang.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan pasien meninggal dunia akibat virus corona bertambah 21 orang dari sebelumnya hanya 136 orang. Sementara pasien yang dinyatakan sembuh 103 orang.
"Angka kematian dari kasus konfirmasi positif bertambah 21 sehingga totalnya menjadi 157 orang," kata Yurianto saat jumpa pers.

Berdasarkan catatan CNNIndonesia.com, sejak pemerintah mengumumkan kasus positif virus corona pada 2 Maret lalu, hari ini merupakan lonjakan tertinggi jumlah pasien positif yang meninggal dunia.


Pemerintah pertama kali mengumumkan pasien meninggal pada 11 Maret. Kemudian pasien meninggal bertambah 3 orang pada Jumat (13/3). Pasien meninggal kembali bertambah 1 orang pada Sabtu (14/3).

Pasien meninggal langsung bertambah drastis menjadi 14 orang pada 18 Maret. Sehari kemudian pasien positif yang meninggal bertambah 6 orang. Sejak itu pasien meninggal terus bertambah.

Lonjakan tinggi juga pernah terjadi pada 20 Maret lalu saat Yurianto mengumumkan ada 20 orang meninggal karena corona.
Terhitung sejak 20 sampai 31 Maret 2020, pasien meninggal akibat virus corona bertambah sebanyak 111 orang.

Dari total 157 pasien yang meninggal dunia, jumlah terbanyak berasal dari DKI Jakarta dengan 85 orang. Secara berturut-turut Jawa Barat 21 pasien, Banten 14 pasien, Jawa Timur 9 pasien, Jawa Tengah 7 pasien, Sulawesi Selatan 5 pasien, Sumatera Utara 3 pasien.

Kemudian Bali 2 pasien, Yogyakarta 2 pasien, Kalimantan Barat 2 pasien, Sumatera Selatan 2 pasien, serta Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Bengkulu, Kalimantan Timur dan Papua Barat masing-masing 1 pasien.

Jumlah pasien positif terpapar virus corona terus bertambah setiap harinya. Virus tersebut juga sudah menyebar ke-32 provinsi di Indonesia. Artinya tinggal dua provinsi yang belum ada pasien positif corona.
[Gambas:Video CNN]

Preseiden Joko Widodo telah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat dalam pandemi virus corona. Ia menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus corona.

Jokowi juga sudah meminta pemerintah daerah lebih tegas melarang warga mudik ke kampung halaman. Sejumlah pemerintah daerah diketahui telah membuat kesepakatan untuk melarang mudik selama pandemi virus corona. (yoa/fra)