Penumpang Soetta Menumpuk Akibat 13 Jadwal Terbang Bersamaan

CNN Indonesia | Kamis, 14/05/2020 15:11 WIB
Puluhan calon penumpang dari sejumlah maskapai penerbangan tengah mengantre di terminal 2 gate 5 Bandara Soetta untuk menjalani proses pengecekan berkas kelengkapan sebagai syarat penerbangan. Bandara Soekarno-Hatta kembali dipadati penumpang (CNN Indonesia/Thohirin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga menjelaskan bahwa penumpukan yang sempat terjadi di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta dipicu karena ada 13 jadwal penerbangan yang bersamaan di waktu yang hampir bersamaan.

"Di antara pukul tersebut terdapat 13 penerbangan dengan keberangkatan hampir bersamaan," kata Febri dalam keterangannya, Kamis (14/5).

Kepadatan di Terminal 2 Bandara Soetta kata Febri memang sempat terjadi sekitar pukul 04.00 pagi. Kepadatan dipicu oleh 11 penerbangan milik Lion Air Grup dan dua penerbangan Citilink yang hampir bersamaan antara pukul 06.00-08.00 pagi.
Namun sejam kemudian, kepadatan kata Febri sudah terurai dan kembali normal. Selain itu, aparat gabungan di bandara kata dia juga sudah mengurai antrean dan mengatur jarak fisik.


"Antrean di posko verifikasi dokumen terjadi mulai pukul 04.00 WIB, di mana calon penumpang memiliki tiket pesawat untuk penerbangan antara pukul 06.00 - 08.00 WIB," ujarnya.

Dijelaskan Febri, sejak kembali beroperasi secara terbatas seminggu lalu, kini para calon penumpang maskapai di Bandara Soetta harus memenuhi prasyarat penerbangan seperti diatur pemerintah.
Calon penumpang harus membawa dan memenuhi sejumlah prasyarat itu, yang terdiri dari surat pengantar dari tempat kerja atau dari kelurahan, surat bebas Covid-19, atau hasil tes kesehatan.

Pengecekan berkas di lakukan di Posko Percepatan Penanganan Covid-19 di masing-masing dua terminal yang beroperasi, yakni Terminal 2 gate 4 dan terminal 3 gate 3 Bandara Soetta. Bagi penumpang yang tidak memenuhi prasyarat tersebut secara otomatis dibatalkan untuk terbang.

"Verifikasi dokumen dilakukan oleh personel gabungan dari sejumlah instansi yang masuk dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang ada di posko pemeriksaan," jelas Febri.

Febri mengatakan pihaknya ke depan akan terus melakukan evaluasi dengan kembali mengatur jadwal keberangkatan sehingga penumpukan tak kembali terjadi.

Sementara itu Ia memperkirakan hari ini Bandara Soetta akan menerbangkan setidaknya 5.700 penumpang dari total 105 penerbangan lewat dua terminal yang beroperasi tersebut. (thr/bmw)

[Gambas:Video CNN]