FOTO: Push Up hingga Sapu Jalan Bagi Pelanggar PSBB

ANTARA, CNN Indonesia | Jumat, 15/05/2020 16:33 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Daerah-daerah yang menerapkan PSBB mulai memberikan sanksi kepada warga yang melanggar aturan PSBB. Sanksinya beragam, mulai dari teguran hingga menyapu jalan.

Petugas gabungan memberikan hukuman push up kepada warga yang tidak memakai masker saat razia Pembatasan Sosial Berskala Besar di Jakarta, Selasa (28/4). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)
Pemberian sanksi kepada pelanggar PSBB diatur oleh masing-masing kepala daerah yang menerapkan PSBB. Namun, biasanya, sanksi terhadap pelanggar hanya terbagi dalam beberapa jenis, mulai teguran, sanksi kerja sosial, hingga denda. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)
Sanksi kerja sosial bisa dengan menyuruh pelanggar membersihkan fasilitas umum, seperti terjadi di Jakarta, Rabu (13/5). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Pelanggar juga akan dikenakan rompi bertuliskan 'pelanggar PSBB' saat membersihkan fasilitas umum. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Hukuman fisik seperti push up juga diterapkan aparat di Kota Medan, Sumatera Utara. Pemkot Medan gencar menerapkan peraturan Karantina Kesehatan dengan memberikan sanksi hukuman penahanan KTP dan push up bagi warga yang tidak menggunakan masker. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)
Pemkot Padang memperketat warga masuk ke Pasar Raya selama PSBB tahap kedua. Yang tidak memakai masker mendapat sanksi push up. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Pemberian sanksi bertujuan menciptakan efek jera bagi pelanggar. Serta agar masyarakat semakin mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan selama PSBB. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Anggota Polres Gowa memberikan hukuman olah raga fisik kepada warga yang melanggar pemberlakuan jam malam di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (7/5) dini hari. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)