Anies Perpanjang PSBB, Restoran - Kantor Jakarta Buka 8 Juni

CNN Indonesia | Kamis, 04/06/2020 15:27 WIB
Suasana di Rumah Makan Bumi Aki, Pajajaran, Bogor, Jawa Barat, Selasa, 2 Juni 2020. Sejumlah restoran dan rumah makan di Kota Bogor mulai membuka layanan makan di tempat dengan protokol kesehatan ketat setelah penerapan PSBB Kota Bogor memasuki masa transisi hingga 4 Juni 2020 guna mencegah penyebaran Covid-19. CNN Indonesia/Bisma Septalisma Sebuah rumah makan menerapkan protokol kesehatan jaga jarak. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut perkantoran, rumah makan, hingga mal bisa buka secara bertahap pada Juni ini di tengah perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Perkantoran, rumah makan, industri retail yang sifatnya berdiri sendiri bisa dimulai hari Senin, 8 Juni," ujar dia dalam konferensi pers, Kamis (4/6).

Hal yang sama berlaku untuk kegiatan olahraga di luar ruangan, kegiatan sosial budaya, perpustakaan dan galeri.


Sementara, pusat perbelanjaan atau mal dan pasar nonpangan lainnya baru bisa dibuka pada 15 Juni. 

Selain itu, Anies menyebut taman rekreasi, baik dalam ruangan maupun luar ruangan, baru bisa beroperasi pada 20 atau 21 Juni.

Anies juga mengingatkan kapasitas tamu di tempat-tempat fasilitas umum harus dikurangi setengah dari kapasitasnya dengan tetap menerapkan jarak sosial atau social distancing.

Infografis Aturan New Normal Ritel dari KemenkesFoto: CNN Indonesia/Timothy Loen
"Kapasitas tamu hanya 50 persen, semua pengaturan harus mengandalkan jarak 1 meter," ujarnya.

Diketahui, PSBB tahap ketiga DKI Jakarta habis per hari ini, Kamis (4/6), usai diberlakukan sejak 22 Mei. Pemprov DKI kemudian memutuskan perpanjangan PSBB dan menjadikan Juni sebagai masa transisi.

(mel/thr/arh)

[Gambas:Video CNN]