PNS Mulai Kembali Bekerja di Kantor Hari Ini

CNN Indonesia | Jumat, 05/06/2020 10:16 WIB
Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) pemerintah provinsi DKI Jakarta mulai kembali melakukan aktivitas kerja di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta, Jumat, 22 Mei 2020. Pemerintah menetapkan seluruh ASN dan pegawai BUMN untuk tetap masuk menyusul dibatalkannya rencana cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah pada hari ini. CNN Indonesia/Bisma Septalisma Ilustrasi PNS kembali kerja di kantor. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pegawai Negeri Sipil (PNS) mulai kerja di kantor hari ini, Jumat (5/6). Ini berdasarkan instruksi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo terkait New Normal atau pola kebiasaan hidup baru.

"Pegawai ASN [PNS] melaksanakan tugas kedinasan di kantor sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian," demikian tertulis dalam Surat Edaran MenPANRB Nomor 58 Tahun 2020 tentang Sistem Kerja Pegawai ASN Dalam Tatanan Normal Baru, Jumat (29/5).

Namun ini tak berlaku sekaligus untuk seluruh PNS. Instruksi kembali ke kantor dilakukan secara bergelombang dan diatur instansi.


Dengan demikian berdasarkan kebutuhan masing-masing instansi, sebagian PNS bakal ditugaskan bekerja di kantor dan sebagian bekerja di rumah atau work from home (WFH).

Pengaturan PNS yang kerja di kantor dan di rumah diputuskan Pejabat Pembina Kepegawaian berdasarkan sejumlah pertimbangan.

Misalnya terkait jenis pekerjaan, laporan disiplin PNS, kondisi kesehatan maupun faktor komorbiditas atau penyakit penyerta PNS dan keluarga, sampai riwayat perjalanan.

Jika berada di wilayah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PNS tetap bekerja di rumah. PNS yang diharuskan kerja di kantor harus dengan jumlah minimum.

Sekretaris Jenderal KemenPAN-RB Dwi Wahyu Atmaji mengatakan mekanisme bekerja pada tatanan hidup baru hari ini mengacu pada aturan SE No. 58 Tahun 2020.

Hingga saat ini belum ada aturan teknis lanjutan terkait pelaksanaan pola kebiasaan hidup baru atau New Normal selain surat tersebut.

"Masih akan dibicarakan dengan BKN apakah ada urgensinya menerbitkan petunjuk teknis," katanya kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Jumat (5/6).

Plt. Kepala Biro Humas BKN Paryono sebelumnya mengatakan pihaknya masih merapatkan terkait aturan lanjutan soal tatanan hidup baru di lingkungan pemerintahan.

"SE Menpan ini akan dilaksanakan oleh semua instansi. BKN akan bikin untuk mengatur ke dalam saja," tuturnya. (fey/bac)

[Gambas:Video CNN]