Warga Natuna Jalan-jalan ke Riau Positif Covid-19

CNN Indonesia | Minggu, 07/06/2020 08:18 WIB
Warga mengikuti test swab COVID-19 menggunakan mobil tes polymerase chain reaction (PCR) atau Mobile Combat COVID-19 di RSUD Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (28/5/2020). Swab test dengan Mobil tes polymerase chain reaction (PCR) atau Mobile Combat COVID-19 dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tersebut bertujuan untuk mempercepat pengujian secara lebih masif dan spesimen swab di lapangan. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/nz Warga asal Natuna, Kepulauan Riau, positif terinfeksi covid-19 saat melancong ke Kota Pekanbaru, Riau. Ia diketahui positif dari hasil tes PCR. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq).
Jakarta, CNN Indonesia -- Warga asal Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, positif terinfeksi virus corona atau covid-19 saat melancong ke Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Riau Indra Yovi mengatakan terdapat penambahan satu kasus pasien terinfeksi corona di Riau menjadi 118 kasus.

"Pasien 118 positif covid-19 di Riau adalah HW, 46 tahun, yang merupakan warga Kabupaten Natuna, Kepri, yang sedang berkunjung ke Riau," ujarnya, dikutip Minggu (7/6).


Indra menjelaskan pasien HW kini diisolasi dan dirawat di RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru. Pasien HW diketahui terinfeksi covid-19 dari hasil tes PCR (Polymerase Chain Reaction) mandiri untuk keperluan melakukan perjalanan kembali pulang ke Natuna.

Menurut dia, pasien tersebut memiliki perjalanan cukup panjang di Riau. HW sempat plesiran ke tempat wisata Sungai Hijau, di Kabupaten Kampar pada 25 Mei.

Pasien tersebut dua kali berkunjung ke destinasi wisata tersebut, yakni pada 25 Mei dan 28 Mei. "Kemudian, (pasien) mengalami demam dan dirawat di RS Eka Hospital," kata Indra.

Dinas kesehatan segera melakukan penelusuran (tracing contact) dengan mengambil spesimen untuk tes swab PCR terhadap keluarga pasien HW, dan juga orang-orang yang kontak langsung dengannya.

"Kami akan melakukan tracing contact terhadap perjalanan pasien dan lebih luasnya oleh Dinas Kesehatan Kampar dan juga Dinas Kesehatan Pekanbaru, ke mana saja perjalanan pasien selama ini," terang dia.

Total kasus positif covid-19 di Riau kini ada 118 kasus positif dengan rincian 11 pasien dirawat, 101 sehat dan sudah dipulangkan, serta enam meninggal dunia. (Antara/bir)

[Gambas:Video CNN]