Jerinx Terancam Hukuman 6 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2020 16:41 WIB
Jerinx dijerat dengan UU ITE tentang ujaran kebencian dengan ancaman hukuman enam tahun penjara dan denda Rp1 miliar. I Gede Ari Astina alias Jerinx dijerat dengan UU ITE tentang ujaran kebencian dengan ancaman hukuman enam tahun penjara dan denda Rp1 miliar. (CNNIndonesia/Putu)
Jakarta, CNN Indonesia --

Drummer Superman Is Dead, I Gede Ari Astina alias Jerinx terancam hukuman enam tahun penjara dan denda Rp1 miliar terkait kasus ujaran kebencian 'IDI kacung WHO' yang diposting di akun instagramnya @jrxsid.

Polda Bali telah menetapkan Jerinx sebagai tersangka pada Rabu (12/8). Pasal yang dipersangkakan terhadap Jerinx, yakni pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45A ayat (2) dan/atau Pasal 27 ayat (3) Jo Pasal 45 ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.

"Ancaman hukuman enam tahun penjara dan denda Rp1 miliar," kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Syamsi melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com.


Polisi juga telah menahan Jerinx di Rutan Polda Bali.

Penetapan Jerinx sebagai tersangka, kata Syamsi sesuai dengan Laporan Polisi No. LP/263/VI/2020/Bali/SPKT, tanggal 16 Juni 2020.

Laporan tersebut dibuat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bali karena postingan di akun instagram @jrxsid dianggap mencemarkan nama baik IDI.

IDI Bali merasa terhina atas postingan Jerinx yang menuduh IDI sebagai kacung WHO dan menyebut IDI dengan kepanjangan "Ikatan Drakor Indonesia". Dalam laporannya, IDI melampirkan barang bukti berupa screenshot postingan Jerink yang salah satunya menyebut bahwa IDI kacung WHO.

Sebelum penetapan tersangka, Jerinx telah meminta maaf kepada IDI. Permintaan maaf ini ia sampaikan untuk berempati kepada kawan-kawan yang bertugas menangani Covid-19.

Menurut Jerinx, dirinya hanya bermaksud menyampaikan kritik kepada IDI, bukan untuk kepentingan pribadi, melainkan menyuarakan aspirasi banyak masyarakat menengah ke bawah.

(ugo/ugo)

[Gambas:Video CNN]