Survei Voxpol: Cagub PKS Dinilai Lebih Mampu Pimpin di Sumbar

CNN Indonesia | Selasa, 24/11/2020 00:55 WIB
Hasil survei Voxpol menyebut calon gubernur Pilkada Sumatera Barat yang merupakan kader PKS, Mahyeldi, diklaim lebih mampu dan lebih layak memimpin Sumbar. Survei Voxpol Center Research and Consulting menyebut cagub Mahyeldi memiliki elektabilitas tertinggi dibanding tiga lawannya di Pilkada Sumbar. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil survei lembaga Voxpol Center Research and Consulting menyatakan bahwa sebesar 61,9 persen responden menyatakan sangat setuju dan setuju pasangan calon Pilkada Provinsi Sumatera Barat nomor urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldy. Pasangan cagub-cawagub yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu dinilai lebih layak serta mampu memimpin Sumbar untuk lima tahun mendatang.

Perolehan skor Mahyeldi-Audy tertinggi dibandingkan tiga paslon gubernur dan wakil gubernur lainnya dalam survei ini.

"Sangat setuju 15,3 persen, setuju 46,6 persen. Feasibility of level 61,9 persen," demikian data hasil survei dari lembaga pimpinan Pangi Syarwi Chaniago ini dalam dokumen yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (23/11).


Di bawah Mahyeldi-Audy menyusul paslon nomor urut 1 Mulyadi-Ali Mukhni dengan feasibility of level 59,4 persen, kemudian Nasrul Abit-Indra Catri dengan 54,1 persen, serta Fakhrizal-Genius Umar dengan 43,1 persen.

Survei Voxpol Center Research and Consulting terkait Pilgub Sumbar 2020 dilakukan dengan melibatkan 800 responden yang diambil secara proporsional berimbang antara laki-laki dan perempuan dalam rentang waktu 10 hari, yakni pada 2 hingga 12 November 2020.

Pengambilan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan atau margin of error kurang lebih sebesar 3,47 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei ini pun disebutkan bahwa setiap responden yang terpilih dilakukan wawancara dengan metode tatap muka serta dilakukan quality control sebanyak 20 persen dari total jumlah sampel secara acak. Responden didatangi kembali untuk mengonfirmasi ulang.

Hasil survei Pilkada Sumbar sebelumnya juga dilakukan Poltracking Indonesia pada awal November ini terkait tingkat keterpilihan atau elektabilitas. 

Dalam hasil survei Poltracking Indonesia dinyatakan elektabilitas Mulyadi-Ali Mukhni sebesar 49,5 persen atau yang tertinggi.

Paslon yang diusung oleh Demokrat dan PAN itu dinyatakan unggul dibandingkan Nasrul Abit-Indra Catri yang memperoleh sebesar 21,3 persen, Mahyeldi-Audy 17,1 persen, dan Fakhrizal-Genius Umar 6,2 persen.

Manager Riset Poltracking Indonesia, Masduri mengatakan survei pihaknya dilakukan pada 19 hingga 23 Oktober atau ketika masa kampanye sudah berjalan. Ada 1.200 responden di 19 kabupaten/kota yang dilibatkan.

"Margin of error survei ini kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen," ucap Masduri di Padang, Selasa (3/11).

Catatan Redaksi: Judul artikel ini diubah pada Selasa (24/11) dari semula berjudul "Survei Voxpol: Elektabilitas Cagub PKS Tertinggi di Sumbar".

(mts/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK