Deretan Wilayah RI Diterjang Banjir Bandang Awal 2021

CNN Indonesia
Senin, 18 Jan 2021 06:17 WIB
Sejumlah wilayah dari Aceh, Kalimantan Selatan hingga Maluku diterjang banjir bandang pada awal tahun 2021. Foto: Arsip Istimewa

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado, Donald Sambuaga mengatakan sebanyak sembilan kecamatan dan 33 kelurahan di Kota Manado jadi daerah terdampak banjir dan tanah longsor pada Sabtu (16/1).

Sejauh ini, Donald menuturkan bahwa bencana banjir itu telah menyebabkan enam orang tewas. Seluruh korban jiwa itu meninggal dunia akibat tertimpa longsor.

Maluku

Hujan deras yang mengguyur wilayah Maluku Utara pada Sabtu (16/1) membuat sejumlah desa di Kabupaten Halmahera Utara dilanda banjir.

Sedikitnya 5 desa di wilayah Kecamatan Kao Barat digenangi banjir setinggi 80 hingga 100 sentimeter. Ratusan rumah warga dan fasilitas umum di wilayah itu ikut terendam.

Sekretaris Daerah Halmahera Utara, Yudihart Noya, yang berada di lokasi banjir ketika dikonfirmasi, menyatakan banjir di Kao Barat disebabkan meluapnya Sungai Nguailami usai hujan deras mengguyur selama sehari.

Yudihart menuturkan luapan Sungai Nguailami menggenangi Desa Pitago, Barseba, Tuguis, Bailengit dan Desa Soamaetek.

Banjir juga menyebabkan jalan utama yang menghubungkan Kecamatan Loloda Utara dan Galela Utara, Halmahera Utara, ambruk, Sabtu (16/1). Akibatnya, kendaraan dari Loloda Utara yang hendak ke ibukota kabupaten tak bisa melintasi ruas jalan tersebut.

Jalan aspal yang ambruk itu berada di perbatasan Desa Ngidiho dan Limau, Galela Utara. Letaknya tepat di samping Jembatan Sungai Tiabo. Yudihart mengatakan, jalan tersebut putus setelah Sungai Tiabo meluap.

(rds/DAL)


[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER