Daftar Daerah dengan Keterisian RS Covid-19 di Atas 80 Persen

CNN Indonesia | Selasa, 26/01/2021 15:11 WIB
Sejumlah daerah di Jawa mengalami keterisian tempat tidur RS perawatan pasien Covid-19 di atas 80 persen di antaranya Jakarta, Kabupaten Bogor juga DIY. Wisma Atlet Jakarta mengalami kenaikan okupasi pasien positif Covid-19 sebanyak 70% per Senin, 23 November 2020. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kondisi keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) rawat inap dan Intensive Care Unit (ICU) di sejumlah Rumah Sakit (RS) rujukan pasien terinfeksi virus corona (Covid-19) di Kota/Kabupaten di Indonesia menunjukkan kenaikan signifikan pada awal tahun ini.

Rata-rata kapasitas keterpakaian tempat tidur Rumah Sakit itu telah melebihi anjuran keterisian tempat tidur yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebesar 60 persen.

Beberapa rumah sakit di Jawa bahkan mencatatkan tingkat keterisian rata-rata 80 persen.


CNNIndonesia.com merangkum sejumlah daerah yang mengalami kenaikan keterisian tempat tidur RS dalam data sepekan terakhir. Berikut di antaranya:

DKI Jakarta

Data yang dirilis Bidang data dan IT Satgas Penanganan Covid-19 memperlihatkan per Minggu (24/1) pukul 16.40 WIB, angka keterpakaian RS rujukan pasien virus corona di ibu kota mencapai 85,76 persen.

Tercatat Jakarta Utara menjadi penyumbang keterisian tempat tidur RS dengan 92,3 persen; diikuti Jakarta Timur 88,9 persen; Jakarta Pusat 87,9 persen; Jakarta Selatan 81,2 persen; dan Jakarta Barat 78,8 persen.

Kendati begitu data tersebut tidak merinci detail berapa persen keterisian tempat tidur untuk ruang isolasi rawat inap Covid-19 dan ICU.

Sementara berdasarkan data di laman rumah sakit online yang diakses CNNIndonesia.com, Selasa (26/1) pukul 11:00 WIB menunjukkan data ketersediaan tempat tidur di ruang ICU tersisa 59 ruang dari total kapasitas 410 ruangan.

Rinciannya, 42 ruangan tersisa untuk ICU tekanan negatif dengan ventilator, 31 ruang ICU tekanan negatif tanpa ventilator, 25 ruang ICU tanpa tekanan negatif dengan ventilator, dan 7 ICU tanpa tekanan negatif tanpa ventilator.

Adapun kapasitas perawatan isolasi untuk pasien Covid-19 tersisa 611 tempat tidur dari total 3.411 tempat tidur. Rinciannya, 232 tempat tidur untuk isolasi tekanan negatif dan 379 tempat tidur untuk isolasi tanpa tekanan negatif.

Petugas tenaga kesehatan beraktivitas di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta, Minggu (15/11/2020). Ketua Satgas Penanganan COVID-19 sekaligus Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengatakan selama dua minggu terakhir angka kasus konfirmasi positif COVID-19 di Indonesia mengalami peningkatan yang berdampak pada keterisian ruang isolasi yang semula 32 persen saat ini naik menjadi 53 persen. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.Petugas tenaga kesehatan beraktivitas di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta, Minggu (15/11/2020). (Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Kabupaten Bogor

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Bogor Kusnadi memaparkan data yang memperlihatkan kondisi keterisian RS Covid-19 di Kabupaten Bogor per data terakhir Senin (25/1).

Tercatat keterisian RS di Kabupaten Bogor mencapai 87,02 persen. Sebanyak 1.153 tempat tidur ruang isolasi rawat inap Covid-19 telah terpakai dari total kapasitas 1.325 tempat tidur. Adapun untuk kapasitas tempat tidur di ruang ICU tercatat telah terisi 96,29 persen.

"ICU sudah terisi 78 dari yang tersedia 81 tempat tidur ya," rinci Kusnadi.

Meski demikian, Kusnadi mengaku penambahan ruangan ICU merupakan langkah yang cukup berat untuk dilakukan saat ini. Tak hanya bicara fasilitas kesehatan, Kusnadi mengaku pihaknya juga harus mempersiapkan tenaga medis yang mumpuni.

"Untuk ICU agak susah, karena bukan hanya ruangan, tapi SDM, sarana prasarananya," ungkap dia.

Selain RS, Pemkab Bogor juga memiliki dua tempat isolasi bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan hingga orang tanpa gejala yakni di Wisma Diklat BPSDM Kemendagri Kemang dan Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Kota Depok

Kepala Dinkes Kota Depok Novarita memaparkan data keterisian rawat inap isolasi di RS rujukan Covid-19 mencapai 84,19 persen. Meski ia tak menyebutkan detail kapasitas yang tersedia.

"Kalau yang persentase tempat tidur ICU 85,19 persen," kata Novarita.

Dalam hal ini, Pemkot Depok juga menetapkan enam rujukan RS Covid-19 di DKI Jakarta. Seperti RSUP Persahabatan, RSPI Sulianti Saroso, RSPAD Gatot Subroto, RSUD Fatmawati, RSUD Pasar Minggu, dan RS Umum Bhayangkara Tk. I R.Said Sukanto.

Adapun 11 Puskesmas juga difungsikan untuk melayani pemeriksaan deteksi covid-19 seperti tes usap (swab) bagi warga Kota Depok.

Bogor hingga Kabupaten Bekasi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK