Pemerintah Bakal Evaluasi Cuti Bersama 2021

CNN Indonesia | Senin, 15/02/2021 19:33 WIB
Pemerintah berencana mengevaluasi cuti bersama sepanjang 2021 berdasarkan pada perkembangan dan penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (19/11). (Foto: CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah bakal mengkaji dan mengevaluasi kembali hari libur nasional dan cuti bersama sepanjang 2021. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, langkah tersebut berkaca dari kondisi pandemi virus corona (SARS-CoV-2) di Indonesia yang masih belum menentu.

"Perlu evaluasi lagi keputusan yang sudah ada terkait cuti, libur, dan lain-lain selama tahun 2021," kata Tjahjo kepada media, Senin (15/2).

Tjahjo mengatakan, pemerintah bakal mengevaluasi cuti bersama dan libur nasional seiring mencermati perkembangan penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia. Terlebih, saat ini Kementerian Kesehatan pun sudah mulai melangsungkan program vaksinasi virus corona.


"Sambil mencermati gelagat perkembangan Covid-19 di wilayah Indonesia, walau tingkat kesembuhan pasien Covid meningkat dan program vaksinasi dipacu cepat perencanaannya oleh Kemenkes," ujar dia lagi.

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) tersebut mengatakan segera mengoordinasikan ihwal cuti bersama itu dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan libur nasional dan cuti bersama untuk tahun 2021 sebanyak 23 hari. Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri.

Infografis Waspada Corona MenggilaInfografis Waspada Corona Menggila. (CNNIndonesia/Basith Subastian)

Tiga menteri yang menandatangani keputusan tersebut yakni Menteri Tenaga Kerja, Menteri Agama, dan Menpan RB.

Saat itu pemerintah mengatakan, penetapan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2021 berdasarkan pelbagai pertimbangan. Mulai dari pengaturan arus lalu lintas jelang dan setelah libur panjang di hari raya hingga peluang meningkatnya pendapatan ekonomi daerah maupun negara dari sektor pariwisata.

(dmi/nma)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK