Kerajaan Kediri, Kerajaan yang Dimulai dari 'Perang Saudara'

Tim, CNN Indonesia | Senin, 19/07/2021 13:01 WIB
Sejarah berdirinya Kerajaan Kediri tak lepas dari kisah 'perang saudara' putra Raja Airlangga dari Medang Kamulan. Ilustrasi. Candi Penataran merupakan salah satu bukti peninggalan Kerajaan Kediri. (iStockphoto/kateafter)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kerajaan Kediri merupakan salah satu kerajaan bercorak Hindu yang terletak di Jawa Timur. Sejarah berdirinya Kerajaan Kediri tak lepas dari kisah 'perang saudara'

Kerajaan ini berdiri pada abad ke-11 atau tepat 1045 M. Kisah berdirinya kerajaan ini tertuang salah satunya dalam Kitab Negarakertagama.

Dikisahkan, Raja Airlangga yang berkuasa di Kerajaan Medangkamulan. Di tengah masa kejayaannya, Airlangga kemudian memindahkan pemerintahan ke wilayah Kahuripan. Kerajaan ini dinamakan Panjalu, dengan pusat pemerintahan berada di Daha, yang dikenal sebagai pusat Kerajaan Kediri pada masa awal.


Mengutip laman Pemerintah Kota Kediri, situs Adan-adan yang terletak di Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, menjadi salah satu bukti keberadaan Kerajaan Kediri kuno.

Kerajaan Kediri yang kini dikenal sendiri merupakan pecahan dari Kerajaan Kediri kuno. Perpecahan terjadi saat kedua putra Airlangga--Sri Samarawijaya dan Mapanji Garasakan--berebut kekuasaan di kawasan yang sama.

Untuk menghindari bentrokan, pada tahun 1041, Airlangga membagi kerajaannya menjadi dua. Keduanya adalah Jenggala (Kahuripan) dan Panjalu (Kediri), yang wilayahnya dipisahkan oleh Gunung Kawi dan Sungai Brantas. Jenggala dipimpin oleh Mapanji Garasakan, dan Panjalu dipimpin oleh Sri Samarawijaya.

Selain dalam Kitab Negarakertagama yang begitu tersohor, kisah pembagian kerajaan ini juga dikisahkan dalam Prasasti Masuknya dan Serat Calon Arang.

Kendati demikian, dibaginya wilayah kerajaan tak lantas membuat 'perang saudara' itu berhenti. Baik Sri Samarawijaya dan Mapanji Garasakan sama-sama merasa berhak atas seluruh takhta Airlangga. Tak ayal, peperangan pun terus terjadi di antara kedua kerajaan.

Peperangan antara Panjalu dan Jenggala terus terjadi selama 60 tahun lamanya. Meski di awal kemenangan ada di tangan Jenggala, namun pada akhirnya Panjalu-lah yang berhasil menguasai seluruh takhta Airlangga.

Dengan kemenangan tersebut, ibu kota kerajaan dipindahkan dari Daha ke Kediri. Sejak saat itu pula, nama Panjalu kian pudar, dan kerajaan lebih dikenal dengan nama Kediri.

Cerita awal berdirinya Kerajaan Kediri banyak tertuang dalam kita sastra. Salah satunya dalam kitab Kakawin Bharatayudha yang ditulis Mpu Sedah dan Mpu Panuluh.

Kerajaan besar ini runtuh pada tahun 1222 M. Selama 177 tahun berdiri, ada delapan raja yang berkuasa.

Masa Emas Kerajaan Kediri

Arkeolog dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas) mengukur lebar gentong saat ekskavasi di situs Adan-adan, Desa Adan-adan, Kediri, Jawa Timur, Senin (14/6/2021). Ekskavasi pada jarak 500 meter dari induk candi Adan-adan peninggalan kerajaan Kadiri tersebut menemukan dua buah gentong dari batu andesit berikut struktur bangunan yang diperkirakan kawasan permukiman penduduk. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/foc.Ilustrasi. Situs Adan-adan di Kecamatan Gurah menjadi salah satu bukti keberadaan Kerajaan Kediri kuno. (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Kerajaan ini pertama kali dipimpin oleh Sri Samarawijaya, di mana pemerintahannya dimulai sejak tahun 1042 M.

Masa pemerintahannya dikenal sebagai 'masa kegelapan', karena tak adanya bukti prasasti yang ditemukan hingga saat ini. Tak diketahui dengan pasti juga akhir dari pemerintahan Raja Samarawijaya.

Pemerintahan selanjutnya dijalankan oleh Sri Jayawarsa sejak tahun 1104 M dan Raja Bameswara mulai tahun 1117 M.

Kediri mulai memasuki masa kejayaan saat berada di bawah pimpinan Sri Jayabaya, yang berkuasa pada 1135-1157 M.

Pada masa ini-lah, Kediri mampu mengalahkan Jenggala. Kemenangan ini membuat Kediri berhasil menguasai seluruh tahta Airlangga.

Babad Tanah Jawi dan Serat Aji Pamasa bahkan menyebut Jayabaya sebagai titisan Dewa Wisnu.

Simak selengkapnya mengenai sejarah Kerajaan Kediri di halaman berikutnya..

Masa Jaya dan Runtuhnya Kerajaan Kediri

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK