Sebelum Megawati, Puan Maharani Juga Pernah Singgung Sumbar

CNN Indonesia
Jumat, 13 Agu 2021 10:54 WIB
Sebelum Megawati menyinggung Sumatera Barat, putrinya, Puan Maharani pun sempat menyinggung Pancasila terkait provinsi tersebut. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (tengah) dan putrinya yang juga Ketua DPP PDIP Puan Maharani (kiri). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Sementara itu, perolehan PDIP di Sumatera Barat dalam beberapa periode Pemilu hanya mendapatkan suara buncit. Partai banteng itu kesulitan meraup dukungan dari rakyat Sumbar.

Pada Pemilu periode 2004-2009 misalnya, PDIP sama sekali tidak mendapatkan kursi di DPRD Sumbar.

Sementara, meski menjadi pemenang Pemilu 2014, PDIP hanya mendapat satu kursi di DPRD Sumbar. Pada periode berikutnya, 2019, dari dua daerah pemilihan (Dapil) di Sumbar suara yang berhasil PDIP dapatkan kurang dari 100.000.

Di Dapil I, tercatat partai itu hanya mendapat 86.423 suara dan Dapil II hanya meraup 47.809 suara.

Hasil Pilpres di Sumbar juga mengungkap pasangan Jokowo-Ma'ruf Amin kalah telak dari Prabowo-Sandiaga Uno.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin yang diusung PDIP hanya meraup 407.761 suara, kalah telak dari Prabowo-Sandi dengan 2.488.733 suara.

Bahkan, pada Pilgub Sumbar 2020 lalu, PDIP tak memiliki kandidat yang diusung karena paslon Mulyadi-Ali Mukhni memilih menyerahkan rekomendasi dari partai tersebut akibat pernyataan Puan soal Pancasila di provinsi tersebut.

(iam/kid)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER