Liga Spanyol

Messi Biasa Tak Bermain Usai Tahun Baru

Bowie Haryanto, CNN Indonesia | Senin, 05/01/2015 11:55 WIB
Messi Biasa Tak Bermain Usai Tahun Baru Lionel Messi baru bermain di awal babak kedua ketika Barcelona dikalahkan Real Sociedad 0-1 di Stadion Sociedad, Minggu (4/1). (REUTERS/Albert Gea)
San Sebastian, CNN Indonesia -- Dicadangkannya Lionel Messi saat Barcelona dikalahkan Real Sociedad 0-1 di Stadion Anoeta, Minggu (4/1) waktu setempat, ternyata bukan sesuatu yang baru. Messi sering tidak bermain usai tahun baru sejak kali pertama memperkuat Barcelona pada 2004.

Messi baru dimasukkan pelatih Luis Enrique di awal babak kedua. Namun, usaha Enrique untuk memasukkan pemain asal Argentina itu gagal membuahkan hasil. Barcelona gagal mencetak gol di babak kedua dan akhirnya kalah 0-1.

Keputusan Enrique untuk tidak memainkan Messi sejak awal pertandingan cukup mengejutkan. Terlebih Barcelona baru tampil beberapa jam setelah Real Madrid kalah 1-2 dari Valencia dan memiliki peluang untuk memuncaki klasemen.

Seperti dikutip dari AS, Messi memang terbiasa tidak dimainkan usai tahun baru. Sejak menjalani musim debut bersama tim utama Barcelona pada 2004, penyerang 27 tahun itu hanya bermain satu kali secara penuh usai jeda paruh musim.


Hal itu terjadi pada Januari 2013, saat Barcelona masih dilatih Tito Vilanova. Ketika itu Messi bermain penuh saat menghadapi Espanyol. Selebihnya, Messi jarang bermain usai tahun baru.

Baca juga: Stadion Anoeta Angker Bagi 3 Klub Raksasa Spanyol

Dalam dua kesempatan, melawan Sociedad tahun ini dan menghadapi Osasuna pada 2012, Messi duduk di bangku cadangan. Messi tidak bermain usai tahun baru 2007 dan 2008 karena cedera.

Sementara pada 2005, 2006, 2009, 2010, 2011, dan 2014, Messi tidak bermain di pertandingan pertama Barcelona usai tahun baru.

"Saya mengambil keputusan agar pemain tidak mendapatkan risiko usai perjalanan panjang, lebih baik melakukan itu. Saya membicarakan mengenai visi yang lebih besar," ucap Enrique. (har/har)