Maitimo: Saya Hormati Persija, Tapi Ini Sepak Bola

CNN Indonesia | Selasa, 04/04/2017 15:26 WIB
Maitimo: Saya Hormati Persija, Tapi Ini Sepak Bola Raphael Maitimo pernah membela Persija dan kini bergabung bersama rival klub itu, Persib Bandung. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rivalitas antara suporter Persib Bandung (Bobotoh) dan Persija Jakarta (Jakmania) telah menjadi bumbu-bumbu di sepak bola Indonesia.

Kedua suporter dari klub elite Indonesia itu sejak dulu memang dikenal memiliki hubungan yang kurang harmonis. Saling sindir, hingga bentrokan langsung, kerap terjadi bila dua kelompok suporter itu bersua.

Kendati demikian, hubungan panas antara suporter Persib dan Persija nyatanya tidak berpengaruh dalam hal perekrutan pemain. Tercatat, sejak kompetisi sepak bola nasional masuk pada era Liga Indonesia pada tahun 1994, ada 16 mantan pemain Persija yang memilih Persib sebagai pelabuhan kariernya.

Nama terbaru adalah Raphael Maitimo. Pada Minggu (2/4), Maitimo resmi diperkenalkan sebagai penggawa anyar Persib dalam peluncuran tim yang digelar di Stadion Siliwangi, Kota Bandung. Pemain naturalisasi asal Belanda itu mendapat sambutan hangat Bobotoh, meski ia tercatat pernah bermain untuk Macan Kemayoran pada tahun 2015.


Tidak lama, hanya dua bulan saja ia berkostum oranye khas Persija di turnamen Piala Jenderal Sudirman. Selanjutnya, ia pindah ke Arema FC saat turnamen jangka panjang Indonesia Soccer Championship 2016 bergulir.

Maitimo mengungkapkan keputusannya berlabuh ke Persib karena ingin meraih kesuksesan bersama Maung Bandung. Mantan pemain SC Feyenoord Rotterdam itu tahu, bagaimana sengitnya permusuhan antara suporter Persib dan Persija.

Namun, Maitimo mengaku tidak takut kalau pada akhirnya ia dicap sebagai seorang pengkhianat oleh para pendukung Persija.

"Kenapa takut, saya hormati Persija. Saya pernah main dua bulan di sana dan saya menikmatinya. Saya juga dekat dengan Jakmania. Tapi, ini sepak bola, target di Persib lebih jelas makanya saya pilih bermain di Persib. Tapi, Persija, Arema, PSM, dan Sriwijaya selalu dihati saya," ungkapnya.

Maitimo berharap keputusannya untuk membela Persib bisa dimengerti semua orang. Maitimo mengungkapkan, ia adalah pemain profesional. Di manapun bermain, ia akan total membela klub tersebut.

"Mudah-mudahan semua orang mengerti. Semua orang juga tahu saya, saya sangat profesional. Saya ada di sini untuk kerja. Saya di sini untuk bantu sepak bola Indonesia, bukan untuk main saja."

"Saya mau sukses. Sekarang, saya ada di Persib, dan saya akan total mengeluarkan kemampuan terbaik saya untuk tim ini," tegasnya.