Terungkap, Tiga Pemain Senior Timnas Indonesia di Tsunami Cup

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Senin, 27/11/2017 15:55 WIB
Terungkap, Tiga Pemain Senior Timnas Indonesia di Tsunami Cup Fachruddin Wahyudi Aryanto berpeluang tampil di Asian Games 2018. (Dok.Kemenpora)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla memanggil tiga nama pemain senior yang akan disertakan dalam turnamen Aceh World Solidarity Tsunami Cup 2017, 2-6 Desember 2017. Ketiganya adalah Andritany Ardhiyasa, Ilija Spasojevic, dan Fachruddin Aryanto.

Kepastian itu diakui Fachruddin kepada CNNIndonesia.com, Senin (27/11). Bek Madura United itu membenarkan ida dan kedua rekannya, Andritany dan Spasojevic, dipanggil Luis Milla untuk kembali memperkuat Timnas Indonesia.

"Iya, saya dipanggil (Luis Milla) untuk yang senior sama Andritany dan Spaso," aku Fachruddin.
Fachruddin dan Hansamu Yama Pranata pernah bertandem ketika membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2016.Fachruddin dan Hansamu Yama Pranata pernah bertandem ketika membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)
Bek 28 tahun itu berjanji menunjukkan kemampuan terbaik dengan tampil maksimal untuk membayar kepercayaan yang diberikan kepadanya.


"Sebenarnya persaingan juga ketat. Banyak bek yang berkualitas di Indonesia. Saya kaget karena bisa terpilih dan mendapat kepercayaan," kata Fachruddin.

Fachruddin menganggap langkah Milla memanggilnya ke Tsunami Cup 2017 merupakan salah satu adaptasi Timnas Indonesia menuju Asian Games 2018.
Fachruddin menjadi salah satu pemain senior yang tampil di turnaamen internasional di Aceh.Fachruddin menjadi salah satu pemain senior yang tampil di turnaamen internasional di Aceh. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
"Mungkin pelatih berpikirnya yang mayoritas Timnas U-23 sudah adaptasi sejak persiapan SEA Games kemarin dan senior harus bisa adaptasi dengan cepat."

"Kalau untuk lini belakang sebenarnya tidak masalah. Saya dan Hansamu (Yama) sudah pernah duet waktu di (Piala) AFF, sama Bagas (Bagas Adi) juga pernah sama-sama di uji coba sebelumnya, jadi agak mudah untuk adaptasinya," jelas Fachruddin.

Fachruddin dan dua pemain lainnya hanya punya waktu dua hari berkumpul sebelum memulai pertandingan bersama Timnas Indonesia di Tsunami. Namun, hal itu bukan jadi persoalan buat pemain yang sudah menjadi bagian Timnas Indonesia sejak 2012.

Secara terpisah, asisten pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti masih belum mau buka suara soal kepastian tiga nama senior yang bakal dibawa ke Aceh.

"Kita lihat tanggal 30 (November) saja ya. Kalau Spasojevic iya betul (ikut ke Aceh). Selebihnya kita lihat tanggal 30," ucap Bima.

Skuat Timnas Indonesia dijadwalkan kembali berkumpul pada 30 November sebelum tampil di laga pertama melawan Brunei Darussalam, 2 Desember mendatang. (nva/har)