PSSI Bakal Kirim 30 Pemain ke Italia Tahun Ini

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Minggu, 14/01/2018 08:16 WIB
PSSI Bakal Kirim 30 Pemain ke Italia Tahun Ini Edy Rahmayadi mengatakan, PSSI akan mengirim pemain muda ke luar negeri pada 2018 ini. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSSI memiliki agenda untuk mengirim 30 pesepakbola muda ke Italia pada 2018. Agenda itu termasuk dalam program PSSI yang disampaikan pada Kongres Biasa (KB) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Sabtu (13/1).

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, mengatakan program pengiriman pemain muda ke luar negeri itu seperti layaknya program PSSI Primavera pada awal 1990-an.

“Ini sedang kami rencanakan untuk usia 15 tahun. Insya Allah kami rencanakan, nanti mereka berlatih di luar Indonesia,” kata Edy kepada wartawan usai kongres.

Program ini merupakan salah satu bagian dari usaha PSSI untuk mengejar keinginan lolos ke Olimpiade 2024.
Pemain-pemain potensial dengan usia 15 bakal berkesempatan berlatih di Italia.Pemain-pemain potensial dengan usia 15 bakal berkesempatan berlatih di Italia. (Dok. PSSI)
“Kami kejar ke sana, mudah-mudahan dengan begitu banyaknya talenta anak-anak Indonesia, ini terjawab,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Edy belum dapat memastikan kapan program pengiriman pesepakbola muda itu bisa terlaksana.

“Saya akan merencanakan dan belum saya diskusikan sama Exco (komite eksekutif). Rencananya adalah di Italia, pada tahun ini,” Edy melanjutkan.

Pada era Primavera, PSSI mengirimkan dua gelombang skuatnya untuk berlatih di Negeri Piza. Primavera I pada 1993/1994 dan Primavera II pada 1994/1995. Kelompok usia untuk kedua gelombang itu ada U-19. (sry)