Barcelona vs Chelsea, Duel untuk Wakil Terbanyak di 8 Besar

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Kamis, 15/03/2018 00:10 WIB
Barcelona vs Chelsea, Duel untuk Wakil Terbanyak di 8 Besar Duel Barcelona lawan Chelsea di Camp Nou bakal jadi penentuan negara dengan wakil terbanyak di babak perempat final. (REUTERS/David Klein)
Jakarta, CNN Indonesia -- Barcelona akan menghadapi Chelsea pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou, Rabu (14/3). Duel ini merupakan penentuan untuk negara dengan wakil terbanyak di babak perempat final.

Saat ini sudah ada enam tim yang lolos ke babak delapan besar Liga Champions. Italia (Juventus dan AS Roma), Spanyol (Real Madrid dan Sevilla, dan Inggris (Manchester City dan Liverpool) sama-sama punya dua wakil. Namun Italia tak akan bisa menambah lagi wakilnya di babak perempat final, berbeda halnya dengan Inggris dan Spanyol.

Inggris atau Spanyol akan punya wakil terbanyak di babak perempat final nanti, yaitu tiga wakil. Penentuannya ada pada duel Barcelona lawan Chelsea. Tim yang memenangi duel itu akan membuat negaranya punya wakil terbanyak di babak perempat final.


Duel Barcelona lawan Chelsea ini sendiri diyakini bakal menarik lantaran leg pertama berakhir dengan skor 1-1. Skor itu membuat kedua tim masih punya peluang bagus untuk lolos ke babak selanjutnya.

Lionel Messi menyelamatkan Barcelona dari kekalahan di Stamford Bridge.Lionel Messi menyelamatkan Barcelona dari kekalahan di Stamford Bridge. (Foto: Reuters/Andrew Boyers)
Pada leg pertama, Chelsea mampu memeragakan permainan serangan balik yang apik dan bahkan punya banyak peluang mencetak gol. Setelah unggul 1-0, Barcelona terus dalam tekanan sebelum akhirnya lini belakang Chelsea melakukan kesalahan yang bisa dimanfaatkan oleh Lionel Messi menjadi gol.

Dalam dua duel Barcelona lawan Chelsea sebelumnya, tiap tim justru memastikan lolos saat bertindak sebagai tim tamu pada leg kedua. Barcelona memastikan lolos ke babak final Liga Champions 2009 saat mereka memainkan leg kedua di Stamford Bridge. Tiga tahun berselang, giliran Chelsea yang bisa lolos ke final Liga Champions saat leg kedua digelar di Camp Nou. (ptr)