Lalu Muhammad Zohri Dapat Satu Slot CPNS

Christie Stefanie & Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Jumat, 13/07/2018 18:17 WIB
Lalu Muhammad Zohri Dapat Satu Slot CPNS Lalu Muhammad Zohri dijanjikan satu slot CPNS oleh Menpan RB. (Dok. KBRI Helsinki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur telah menyiapkan satu slot khusus Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi atlet lari Indonesia, Lalu Muhammad Zohri.

"Saya sediakan slot khusus untuk jadi PNS karena sudah memenuhi kriteria sebagai atlet berprestasi tingkat dunia," kata Asman di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jumat (13/7).

Zohri beberapa hari lalu memenangkan medali emas dari nomor bergengsi lari 100 meter Kejuaraan Dunia U-20 di Tampere, Finlandia, dengan catatan waktu 10,18 detik.
Dia mengalahkan dua pelari asal Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang menempati peringkat kedua dan ketiga.


Dalam waktu dekat dia bakal berusia 18 tahun sehingga bisa langsung melamar menjadi CPNS.
Baiq Fazilah (29), kakak kandung Lalu Muhammad Zohri, peraih medali emas lari 100 meter Kejuaraan Dunia Atletik U-20Baiq Fazilah (29), kakak kandung Lalu Muhammad Zohri, peraih medali emas lari 100 meter Kejuaraan Dunia Atletik U-20. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Meski mendapat slot khusus, pemuda asal Lombok ini harus tetap mengikuti sistem pendaftaran seperti CPNS biasa. Tetapi, dia akan dibebaskan dari tes kompetensi bidang.

"Ini untuk memotivasi dan memberi penghargaan. Menjadi juara dunia kan tidak gampang," ucap Politikus PAN ini.

Tes CPNS sendiri terdiri atas dua tahap yaitu seleksi kompetensi dasar (SKD) dan tes kompetensi bidang. Untuk tes SKD biasanya dilakukan menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT). Ada tiga kelompok soal, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
Lalu Muhammad Zohri turun di nomor 100 meter dan estafet di Asian Games nanti. Lalu Muhammad Zohri turun di nomor 100 meter dan estafet di Asian Games nanti. (Lehtikuva/Kalle Parkkinen via REUTERS)

Setelah menjadi PNS, Zohri akan tetap menjadi atlet tetapi terdaftar sebagai PNS di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Ia bahkan bisa menjadi pelatih jika tak lagi berkarier atlet.

"Jadi dia punya jaminan masa depan yang baik seperti bisa melatih, menjadi contoh bagi generasi berikutnya," tutur Asman.

Asman menuturkan, kebijakan serupa bakal diberikan kepada atlet Indonesia termasuk atlet muda yang berhasil menjadi juara dunia.
Tim Indonesia Lalu Muhammad Zohri bersama Duta Besar RI Wiwi Setyawati Firman serta jajaran KBRI Helsinki seusai Kejuaraan Atletik Dunia U-20 di Tampere, Finlandia.Tim Indonesia Lalu Muhammad Zohri bersama Duta Besar RI Wiwi Setyawati Firman serta jajaran KBRI Helsinki seusai Kejuaraan Atletik Dunia U-20 di Tampere, Finlandia. (Dok. KBRI Helsinki)

Jangan Ganggu Persiapan Asian Games

Sementara itu, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir berharap euforia emas Zohri tak mengganggu konsentrasinya jelang Asian Games 2018.

Selain turun di nomor lari cepat 100 meter, pelari 18 tahun itu juga diproyeksikan tampil di nomor lari estafet 4x100 meter putra.
Lalu Muhammad Zohri Dapat Satu Slot CPNS
Erick berharap Zohri bisa tampil maksimal di Asian Games 2018 nanti.

"Mudah-mudahan Zohri bisa berlomba maksimal. Tentu saya harapkan PASI segera mendampingi karena pasti euforia yang terjadi di masyarakat ini juga jangan sampai mengganggu konsentrasinya," ujar Erick yang juga menjabat sebagai Presiden INASGOC itu.

"Walaupun memang pesaingnya banyak pelari yg bisa berlari di bawah 10 detik, kita harapkan dia (Zohri) bisa tampil maksimal," ungkapnya. (bac)