Kedatangan Ronaldo di Juventus Bisa Bikin Rossi Tambah Kaya

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Senin, 23/07/2018 13:53 WIB
Kedatangan Ronaldo di Juventus Bisa Bikin Rossi Tambah Kaya Kedatangan Cristiano Ronaldo di Juventus bisa bikin Valentino Rossi tambah kaya. (REUTERS/Fabrizio Bensch)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kedatangan Cristiano Ronaldo di Juventus disebut bisa bikin pebalap dunia MotoGP, Valentino Rossi, ikut bertambah kaya.

Pembelian Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus sempat dikritik. Pasalnya, Si Nyonya Tua dianggap terlalu berani membeli CR7 yang sudah tak lagi muda dengan banderol €105 juta atau setara Rp1,7 triliun tersebut.

Belakangan, anggapan itu langsung ditepis setelah Si Nyonya Tua mendapat keuntungan luar biasa dari penjualan jersey dan merchandise edisi Ronaldo.


Setidaknya La Vechia Signora sudah merasakan itu sejak Cristiano Ronaldo diresmikan sebagai pemain baru mereka. Penjualan jersey Juventus dengan nama punggung Ronaldo dan nomor 7 habis sebanyak 520 ribu kaus dalam 24 jam. Total pendapatan dari aktivitas itu senilai €54,6 juta (Rp926 miliar) hanya dalam 24 jam.

Cristiano Ronaldo memilih bergabung bersama Juventus musim ini. (Cristiano Ronaldo memilih bergabung bersama Juventus musim ini. (Foto: REUTERS/Toru Hanai)
Kini hanya dalam waktu sepekan, klub kebanggaan Turin tersebut sudah menjual hampir satu juta jersey Ronaldo.

Seperti diberitakan Eurosport, Rossi disebut-sebut juga merasakan keuntungan besar dengan kehadiran Ronaldo di klub Si Nyonya Tua. Kekayaan pebalap Movistar Yamaha itu diprediksi bakal ikut bertambah.

Pasalnya, Rossi melalui perusahaannya, VR46, juga ikut terlibat dalam bisnis pernak-pernik dan jersey di klub Juventus. Untuk urusan bisnis, The Doctor tampaknya rela bekerja sama dengan rival klub idolanya, Internazionale Milano, demi meraup keuntungan besar.

VR46 yang langsung di bawah kendali Rossi ikut bekerja sama dalam produksi merchandise dalam tiga tahun belakangan ini. Melalui perusahaan tersebut, sebagian besar bahan-bahan pernak-pernik Juventus berupa jersey, topi, syal, dan lain sebagainya diproduksi.

Rossi sendiri sudah sejak 2009 mendirikan perusahaan merchandise untuk memasarkan produk-produk bermerek sang pebalap asal Italia tersebut. Pernak-pernik produksi perusahaan VR46 itu pun dikenal luas sebagai salah satu dengan kualitas terbaik.

Dengan alasan itu pula, klub Juventus tertarik bekerja sama dengan perusahaan The Doctor, dalam hal ini sebagai salah satu produsen pembuat pernak-pernik. Hingga 2017 ini, VR46 disebut-sebut sudah meraup pemasukan hingga €30 juta (Rp509 miliar).

Angka itu diprediksi bakal mengalami peningkatan dua kali lipat dengan kedatangan Ronaldo. Kerja sama antara VR46 dan Juventus dalam bisnis merchandise yang bakal berakhir pada 2019 pun kemungkinan bakal diperpanjang dengan kehadiran CR7. (sry)