Respons Netizen Usai Oezil Pensiun dari Timnas Jerman

Jun Mahares, CNN Indonesia | Senin, 23/07/2018 15:47 WIB
Respons Netizen Usai Oezil Pensiun dari Timnas Jerman Mesut Oezil memilih pensiun dari timnas Jerman. (Reuters/Stefan Wermuth)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mesut Oezil memutuskan pensiun dari timnas Jerman setelah mendapat kritikan bertubi-tubi dari Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) dan media sosial. Meski demikian, tak sedikit pula yang mendukung keputusan gelandang Arsenal tersebut.

Selain tampil buruk di gelaran Piala Dunia 2018, Oezil juga diterpa kritik karena sempat berfoto bersama Ilkay Guendogan dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto tersebut dinilai bermuatan politis karena Oezil memang berdarah Turki.

Dalam akun Twitter pribadinya Oezil mengumumkan pensiun dari skuat Der Panzer. Meski berat, namun Oezil tak kuasa menerima perlakuan rasialis dari DFB yang ikut menginterogasi alasannya bertemu dengan Erdogan.


"Dengan berat hati dan banyak pertimbangan atas kejadian belakangan ini, saya tak akan lagi bermain untuk Jerman di level internasional selagi saya merasakan rasialisme dan sikap tidak hormat," tulis Ozil.

"Saya telah mengenakan kostum Jerman dengan penuh rasa bangga dan kegembiraan, tapi sekarang tidak lagi. Keputusan ini sangat sulit untuk dibuat karena saya selalu memberikan segalanya bagi rekan-rekan, staf pelatih dan orang-orang baik di Jerman."

Berikut respons para netizen atau warganet terhadap keputusan pensiun yang diambil Oezil.