20 Pemain Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Jumat, 10/08/2018 10:39 WIB
20 Pemain Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018 Skuat Timnas Indonesia U-23 untuk Asian Games 2018 telah diketahui. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak ada nama pemain senior Riko Simanjuntak dan Osvaldo Haay dalam 20 nama skuat Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Asian Games 2018.

Riko, Osvaldo, dan kiper Borneo FC Muhammad Ridho tercoret dari Timnas Indonesia yang akan memulai laga perdananya di Asian Games dengan menghadapi Taiwan di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (12/8).

Terlemparnya nama Riko, Osvaldo, dan Ridho dari tim asuhan Luis Milla diketahui dari data yang diberikan Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC). Ketiga nama itu berstatus sebagai pemain cadangan dan bisa masuk ke tim utama jika ada pemain yang cedera.


Tidak masuknya Riko dalam skuat utama untuk Asian Games 2018 bisa jadi cukup mengejutkan. Karena winger Persija Jakarta itu memiliki kecepatan yang bisa diandalkan Timnas Indonesia U-23 dalam merusak pertahanan lawan.

Mengenai bocornya nama-nama pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Asian Games 2018, Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono enggan berbicara banyak.

Riko Simanjuntak tercoret dari skuat Timnas Indonesia untuk Asian Games 2018.Riko Simanjuntak tercoret dari skuat Timnas Indonesia untuk Asian Games 2018. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
"Lebih tepatnya ini nanti akan diumumkan oleh timnas atau dari kesekjenan karena ini hari terakhir latihan anak-anak," ujar Joko kepada CNNIndonesia.com, Jumat (10/8). 

"Coach Luis punya pertimbangan khusus agar momentum mengumumkan ini menjadi momentum yang tetap menggenggam spirit bersama-sama dari seluruh pemain yang ada di lapangan latihan sampai hari terakhir. Tunggu sore atau malam ini akan diumumkan," Joko menambahkan.

Dalam data yang berisikan 20 nama itu, kuota tiga pemain senior diisi oleh Alberto Goncalves (penyerang), Andritany Ardhiyasa (kiper), dan Stefano Lilipaly (gelandang).

Pelatih Luis Milla menumpuk pemain yang bisa dimainkan sebagai penyerang.Pelatih Luis Milla menumpuk pemain yang bisa dimainkan sebagai penyerang. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Di dalam skuat yang dipilihnya, Luis Milla memiliki dua kiper yang diisi Andritany dan Awan Setho. Selain itu ada tujuh pemain belakang, lima gelandang, dan enam pemain yang bisa ditempatkan sebagai penyerang.

Meski pemain berposisi penyerang memiliki kuota lebih banyak, tetapi pemain-pemain itu bisa ditempatkan baik sebagai penyerang sayap semisal Irfan Jaya atau Ilham Udin Armaiyn. Sedangkan Lilipaly dan Septian David Maulana dapat berperan sebagai gelandang serang atau second striker.

Di Asian Games 2018, Timnas Indonesia U-23 masuk dalam Grup A bersama Laos, Hong Kong, Taiwan dan Palestina. Setelah melawan Taiwan di laga pertama, Timnas Indonesia akan menghadapi Palestina, laos, dan Hong Kong di pertandingan terakhir.

Menurut Joko Driyono Timnas Indonesia U-23 akan tiba di Jakarta pada Jumat malam usai melakoni pemusatan latihan di Bali. Evan Dimas dan kawan-kawan dijadwalkan melakoni latihan di Lapangan A Senayan pada Sabtu (11/8).

Daftar Skuat Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018:

Kiper: Andritany Ardhiyasa (12), Awan Setho Raharjo (1).

Belakang: Gavin Kwan Adsit (11), I Putu Gede Antara (2), M Rezaldi Hehanusa (7), Andy Sety Nugroho (3), Bagas Adi Nugroho (5), Hansamu Yama Pranata (16), Ricky Fahrin Saputra (15).

Tengah: Evan Dimas (6), Muhammad Hargianto (8), Saddil Ramdani (17), Hanif Sjahbandi (19), Zulfiandi (4).

Depan: Beto Goncalves (9), Febri Hariyadi (13), Stefano Lilipaly (10), Septian David Maulana (14), Irfan Jaya (18), Ilham Udin Armaiyn (20). (sry)