Rossi Menjauh dari Podium di Paruh Kedua MotoGP 2018

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Senin, 10/09/2018 22:05 WIB
Rossi Menjauh dari Podium di Paruh Kedua MotoGP 2018 Valentino Rossi semakin tertinggal dari Marc Marquez dan Andrea Dovizioso. (REUTERS/David W Cerny)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jarak antara Valentino Rossi dan gelar juara dunia semakin menjauh pada paruh kedua MotoGP 2018. Pebalap Movistar Yamaha itu bahkan tidak pernah meraih podium di paruh kedua musim.

Rossi semakin terpuruk di MotoGP 2018, baik di klasemen sementara maupun penampilannya melawan para pesaing di lintasan.

Pada MotoGP San Marino 2018 yang berlokasi cukup dekat dari kampung halamannya, Minggu (9/9), Rossi hanya menempati peringkat ketujuh. Finis ketujuh merupakan salah satu catatan terburuk Rossi pada musim ini setelah berada di peringkat ke-19 pada MotoGP Amerika Serikat.


Dari sembilan balapan pada putaran pertama, pebalap yang sudah tampil di balap motor kelas primer sejak 2000 itu mampu naik podium sebanyak lima kali.

Pada putaran kedua belum sekalipun Rossi masuk jajaran tiga besar. Kali terakhir Rossi meraih podium pada balapan MotoGP Jerman 2018, 15 Juli lalu.

Valentino Rossi kali terakhir meraih podium pada balapan MotoGP Jerman.Valentino Rossi kali terakhir meraih podium pada balapan MotoGP Jerman. (REUTERS/Fabrizio Bensch)
Posisi The Doctor pun makin melorot dalam tiga balapan yang digelar, selain MotoGP Inggris yang batal terlaksana karena hujan deras.

Rossi menempati peringkat keempat pada MotoGP Ceko. Sepekan berselang di MotoGP Austria, pebalap 39 tahun itu finis di urutan keenam. Pada MotoGP San Marino, Rossi tidak mampu bersaing dengan para rival dan harus puas dengan poin sembilan.

Peringkat Rossi di klasemen pebalap pun jatuh. Setelah cukup stabil di peringkat kedua, Rossi kini menghuni peringkat ketiga disalip Andrea Dovizioso yang menjadi kampiun pada MotoGP San Marino 2018.

Valentino Rossi tidak dapat bersaing dengan rival-rivalnya pada MotoGP San Marino 2018.Valentino Rossi tidak dapat bersaing dengan rival-rivalnya pada MotoGP San Marino 2018. (REUTERS/Max Rossi)
"Saya tidak ingin memikirkan tentang hal itu lagi. Keputusan telah dibuat. Saya tidak dapat mengubahnya," ujar Rossi ketika ditanya mengenai kontrak baru di Yamaha selama dua tahun karena sebelumnya merasa masih bisa bersaing di jajaran pebalap papan atas MotoGP seperti dilansir Speedweek.

"Selama tiga tahun belakangan kami mampu mengawali musim dengan cukup baik. Tapi sepertinya kami akan mengalami masalah teknis pada paruh kedua musim ini. Dalam tiga tahun terakhir saya telah meraih banyak podium pada paruh pertama musim dibanding paruh kedua," jelas Rossi.

Rossi kini tertinggal 70 poin dari Marc Marquez dan terpaut tiga angka dari Dovizioso. Sementara jarak Rossi dengan Jorge Lorenzo di posisi keempat klasemen sementara MotoGP 2018 hanya 21 poin.

Rossi selanjutnya akan tampil pada balapan MotoGP Aragon, 23 September mendatang. Balapan MotoGP Aragon bisa disaksikan secara live streaming di CNNIndonesia.com.