Kurniawan Menanti Pelatih Timnas Indonesia Sebelum Piala AFF

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Rabu, 12/09/2018 06:56 WIB
Kurniawan Menanti Pelatih Timnas Indonesia Sebelum Piala AFF Timnas Indonesia melakukan laga uji tanding melawan timnas Mauritius sebagai persiapan menghadapi Piala AFF 2018. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Cikarang, CNN Indonesia -- Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia diharuskan segera menemukan sosok pelatih yang tepat untuk Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2018 pada 8 November - 15 Desember mendatang.

Hal itu diungkapkan Kurniawan Dwi Yulianto yang menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia ketika berhadapan dengan timnas Mauritius dalam laga uji tanding.

"Idealnya harus cepat ditentukan pelatih kepala. Dua bulan waktu begitu cepat karena tidak terasa. Bersyukur kita punya Timnas Indonesia U-23. Seperti sekarang tinggal ditambah pemain senior. Kerangkanya ada di Timnas U-23," kata Kurniawan usai kemenangan 1-0 Tim Merah Putih atas skuat The Dodo di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Selasa (11/9).


Sampai saat ini PSSI masih menunggu jawaban dari Luis Milla terkait perpanjangan kontrak yang telah diajukan. Kontrak Luis Milla bersama Timnas Indonesia habis setelah Asian Games 2018.

Kurniawan Dwi Yulianto ketika menghadiri konferensi pers jelang pertandingan persahabatan Timnas Indonesia melawan timnas Mauritius.Kurniawan Dwi Yulianto (kedua dari kanan) ketika menghadiri konferensi pers jelang pertandingan persahabatan Timnas Indonesia melawan timnas Mauritius. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
PSSI untuk sementara waktu menunjuk tiga mantan pemain Timnas Indonesia Primavera untuk mengisi kursi pelatih, yakni Bima Sakti, Kurniawan, dan Kurnia Sandy serta eks-pelatih Tim Garuda Danurwindo untuk menangani Boaz Solossa dan kawan-kawan pada laga uji coba melawan Mauritius.

Setelah menjalani pengalaman perdana di kursi asisten pelatih Tim Garuda, Kurniawan tidak bernafsu mempertahankan statusnya namun mengaku siap jika mendapat kepercayaan.

"Saya tidak berpikir untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF. Buat saya kalau ada panggilan timnas apapun itu bentuknya saya selalu siap. Sebagai pemain [saya] sudah rasakan gagal bawa gelar. Di karier pelatih ingin bawa gelar," ungkapnya.

Timnas Indonesia rencananya akan menjalani agenda uji tanding dengan Myanmar dan Hong Kong pada Oktober sebelum berlaga di Piala AFF 2018. (nva/ptr)