Kevin/Marcus Tembus Semifinal Jepang Terbuka 2018

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Jumat, 14/09/2018 12:45 WIB
Kevin/Marcus Tembus Semifinal Jepang Terbuka 2018 Kevin Sanjaya/Marcus Gideon melangkah ke semifinal Jepang Terbuka 2018. (REUTERS/Cathal Mcnaughton)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya/Marcus Gideon melangkah ke semifinal Jepang Terbuka 2018 setelah mengalahkan pasangan Belanda Jelle Maas/Robin Tabeling 21-10, 17-21, dan 21-14 pada babak perempat final di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jumat (14/9).

Gim pertama berlangsung mudah bagi Kevin/Marcus. Juara bertahan Jepang Terbuka itu langsung membukukan keunggulan 11-1. Maas/Tabeling yang berperingkat 34 dunia itu sempat membuat Kevin/Marcus terpaku di angka 11 setelah meraih tiga poin beruntun.

Selepas skor 11-4, Kevin/Marcus kembali meraih poin demi poin untuk menuntaskan perlawanan di gim pertama dan membukukan keunggulan 21-10.


Berbanding terbalik dengan gim pertama, Kevin/Marcus tertinggal 0-4 pada awal gim kedua. Upaya ganda putra nomor satu dunia itu untuk memangkas jarak dan menyamakan kedudukan kerap gagal. Marjin terdekat yang dibukukan Kevin/Marcus adalah dua angka yakni ketika tertinggal 5-7.

Setelah interval Maas/Tabeling makin menjauh, Kevin/Marcus tertinggal 8-14. Sempat mendekat menjadi 12-14, 16-17, dan 17-18, Kevin/Marcus harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 17-21 di gim kedua.

Gim ketiga berlangsung cukup ketat. Jarak kedua ganda tidak terpaut jauh meskipun Kevin/Marcus dapat menjaga keungulan. Juara Asian Games itu mencetak keunggulan 5-2, 6-4, dan 9-7 sebelum membukukan angka 11-10 di interval.

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berpeluang mempertahankan gelar Jepang Terbuka.Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berpeluang mempertahankan gelar Jepang Terbuka. (ANTARA FOTO/INASGOC/Nafielah Mahmudah)
Kevin/Marcus tertinggal 11-12, namun langsung meraih tujuh poin beruntun dan meninggalkan Maas/Tabeling dengan skor 18-12. Kevin/Marcus pun menuntaskan pertandingan berdurasi 49 menit dengan skor 21-14 di gim ketiga.

Penantang Kevin/Marcus selanjutnya pada babak semifinal adalah pemenang dalam laga antara wakil Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dan ganda China He Jiting/Tan Qiang.

Kevin/Marcus merupakan wakil pertama Indonesia yang berhasil menembus semifinal. Sebelumnya Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti takluk dari pasangan ganda campuran Malaysia di babak perempat final.

Pebulutangkis Merah Putih lainnya yang akan bertanding adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Anthony Sinisuka Ginting, dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. (har)