Jersey Timnas Indonesia Lebih Mahal dari Malaysia

CNN Indonesia | Kamis, 08/11/2018 20:59 WIB
Jersey Timnas Indonesia Lebih Mahal dari Malaysia Jersey Timnas Indonesia lebih mahal dari seragam Malaysia di Piala AFF 2018. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Harga jersey Timnas Indonesia yang digunakan di Piala AFF 2018 di atas harga seragam Timnas Malaysia yang juga produk buatan Indonesia.

Seragam skuat Garuda bahkan menjadi yang termahal kedua setelah Singapura. Seragam kandang berwarna merah dengan lambang Garuda di sebelah kiri dan lambang Nike di kanan itu dibanderol US$68 atau sekitar Rp986 ribu per potong.

Jersey yang digunakan Timnas Indonesia kali ini merupakan desain terbaru untuk musim 2018-2019. Desain yang berbeda dengan desain sebelumnya, termasuk saat Evan Dimas dan kawan-kawan tampil di Asian Games 2018 lalu.


Seragam Timnas Singapura dengan lambang Nike di bagian dada kanan menjadi yang termahal dengan harga US$77 atau Rp1,1 juta. Dilansir Fox Sports Asia, desainer seragam Timnas Singapura mengambil inspirasi dari makhluk setengah singa setengah ikan yang dikenal dengan Merlion yang merupakan simbol negara Singapura.

Jersey tandang Singapura berwarna biru terang di bagian badan dan biru sedikit gelap di bagian lengan juga dibanderol harga yang sama. Buat masyarakat Singapura, warna biru yang digunakan menandakan gemerlap modernisme Singapura di mana gedung pencakar langit yang menjulang tinggi dan kehadiran mereka yang mempesona mencerminkan lautan di malam hari.

Jersey Timnas Malaysia lebih murah dari seragam Timnas Indonesia. (Jersey Timnas Malaysia lebih murah dari seragam Timnas Indonesia. (TANG CHHIN SOTHY / AFP)
Jersey Timnas Malaysia menjadi yang termahal ketiga seharga US$65 atau Rp943 rupiah. Seragam buatan Nike yang diproduksi di Indonesia itu memiliki dua jenis varian, yakni jersey kandang yang didominasi warna kuning serta jersey tandang yang didominasi warna biru dengan bagian lengan berwarna merah.

Seragam kebangaan Timnas Laos yang diproduksi produsen perlengkapan olahraga asal Thailand, FBT Sports dibanderol US$20 atau sekitar Rp290 ribu. Dengan harga yang sama, Timor Leste memperkenalkan seragam baru mereka yang dibuat Narrow Sports, produsen peralatan olahraga dari Indonesia.

Kamboja juga menggunakan jersey yang dibuat pabrikan Thailand, FBT. Kaus berwarna hitam dengan garis biru di bagian dada itu juga dibanderol US$20.

Vietnam melabel harga sebesar US$21 atau sekitar Rp304 ribu untuk satu kaus timnasnya bermerk Grand Sport yang merupakan apparel resmi serta penyedia bola resmi di Piala AFF 2018.

Harga kaus Timnas Mnyamar berada di atas ketiga negara sebelumnya. Satu potong kaus berwarna merah bermerk Warrix asal Thailand yang dibanderol seharga US$31 atau sekitar Rp450 ribu.

Timnas Filipina yang menggunakan produk lokal mereka bermerk LGR Sportswear memberikan label harga $34 atau Rp493 ribu untuk seragam terbaru mereka. Piala AFF 2018 bakal jadi debut seragam baru itu digunakan.

Begitu juga dengan Thailand yang menggunakan produk lokal buatan dalam negeri sendiri, Warrix untuk jersey terbaru mereka di Piala AFF 2018. Seragam kandang dibuat berwana merah dengan lapisan tinta emas pada lambang negara serta kaus berwarna biru untuk seragam tandang yang menggunakan satu kancing di bagian leher depan.

Untuk jersey Thailand edisi terbatas Warrix membanderol harga US$61 atau sekitar Rp886 ribu. Sedangkan untuk fans diberikan harga khusus yakni US$22 atau Rp319 ribu per kaus. (TTF/bac)