LIVE REPORT

Nova Arifianto
Nova Arifianto

CNN Indonesia

Jumat, 09/11/2018 18:50 WIB

LIVE: Singapura vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

LIVE: Singapura vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Singapura di laga pertama Piala AFF 2018. Terima kasih atas perhatiannya. Ikuti live report laga lainnya di CNNIndonesia.com.

  • 09 Nov 20:59

    Terima Kasih, Sampai Jumpa

    Baiklah pembaca CNNIndonesia.com, laga Timnas Indonesia dan Singapura telah berakhir. Terima kasih atas perhatiannya, sampai jumpa di laga lain.
  • 09 Nov 21:01

    Timnas Indonesia Kalah 0-1 dari Singapura

    Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan di laga pertama Piala AFF 2018. Tim Merah Putih pulang tanpa gol dan tanpa poin dari Singapura.
  • 09 Nov 20:59

    Emosi Amarah di Ujung Laga

    Septian David Maulana meluapkan emosi amarah di ujung laga dan sempat bersitegang dengan Hariss Harun. Berselang satu menit kemudian I Putu Gede Juni Antara mendapat kartu kuning kedua dan langsung meninggalkan lapangan.

  • 09 Nov 20:54

    Mendekati Menit Akhir, Indonesia Masih Cari Cara Cetak Gol

    Timnas Indonesia tidak mampu bermain di daerah lawan pada menit-menit akhir. Justru bola dimiliki timnas Singapura dan The Lions memainkannya di pinggir lapangan untuk membuang-buang waktu.

  • 09 Nov 20:52

    Lima Menit Terakhir untuk Timnas Indonesia Menyamakan Kedudukan

    Timnas Indonesia masih memiliki waktu untuk mencetak gol penyama kedudukan. Namun tentunya Singapura tidak akan merelakan gawang mereka dibobol.
  • 09 Nov 20:49

    Septian David Masuk, Lilipaly Keluar (84')

    Septian David Maulana menjadi pemain cadangan terakhir yang dimasukkan Bima Sakti untuk mencari gol penyama kedudukan.
  • 09 Nov 20:46

    Mulai Kencang, Bung!

    Sudah ada perubahan yang dilakukan Timnas Indonesia menjelang akhir babak kedua. Beberapa peluang hadir, namun intensitas serangan tersebut tidak berjalan secara konsisten.
  • 09 Nov 20:44

    Waktu Kian Tipis, Singapura Masih Unggul Tipis

    Pertandingan sudah memasuki menit ke-78. Timnas Indonesia belum dapat mencetak gol balasan. Gol Hariss Harun masih menjadi satu-satunya gol tunggal di Stadion Nasional, Kallang, Singapura, Jumat (9/11).
  • 09 Nov 20:41

    Rizky Pora! (75')

    Rizky Pora hampir mencetak gol lewat tendangan jarak jauh. Sementara tusukan Riko Simanjuntak dihentikan pemain lawan namun bukan pelanggaran.
  • 09 Nov 20:39

    Timnas Indonesia Masih Bermain Sabar untuk Mengejar Ketertinggalan

    Pemain Timnas Indonesia tidak melulu langsung melepaskan bola ke depan untuk memburu gol. Evan Dimas yang berada di tengah cukup sabar untuk mengalirkan bola ke belakang.

    LIVE: Singapura vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2018Timnas Indonesia jalani laga pertama Piala AFF 2018 di Singapura. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
  • 09 Nov 20:35

    Andritany Lakukan Penyelamatan (70')

    Andritany Ardhyasa kembali melakukan penyelamatan penting. Bola terobosan dari Timnas Singapura ditinju olehnya meski harus berjibaku dengan pemain lawan. Andritany pun mendapat perawatan singkat.
  • 09 Nov 20:33

    Febri Hariyadi Berbahayaaaaa!!! (68')

    Sebuah serangan Timnas Indonesia diakhiri dengan tembakan dari luar kotak penalti oleh Febri Hariyadi yang masih melenceng.
  • 09 Nov 20:31

    Ricky Fajrin Cedera, Digantikan Fachruddin Wahyudi (64')

    Fachruddin Wahyudi Aryanto yang sudah bermain di Piala AFF sejak enam tahun lalu masuk menggantikan Ricky Fajrin Saputra yang mengalami cedera engkel kanan.

    Fachruddin Wahyudi Aryanto menjadi pemain pengganti.Fachruddin Wahyudi Aryanto menjadi pemain pengganti. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
  • 09 Nov 20:28

    Peluang Indonesia (62')

    Skema tendangan bebas yang dipilih Evan Dimas untuk memberi bola terobosan kepada Febri Hariyadi di bagian kanan kotak penalti berbuah peluang. Hassan Suny yang berada di bawah mistar Singapura mampu menangkap umpan yang dikirimkan Febri ke tengah kotak penalti.
  • 09 Nov 20:26

    Putu Gede Kartu Kuning (60')

    Perebutan bola di lini tengah berujung kartu kuning bagi Putu Gede Juni Antara.
  • 09 Nov 20:23

    Singapura Melakukan High Pressing

    Pemain-pemain Singapura melakukan high pressing untuk mencegah para pemain belakang melakukan umpan ke lini tengah dengan nyaman.

    Febri Hariyadi belum mampu memberi umpan matang ke lini depan.Febri Hariyadi belum mampu memberi umpan matang ke lini depan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
  • 09 Nov 20:21

    Kartu Kuning Muhammad Zulqarnaen (54')

    Keusilan pemain Singapura mengganjal pemain-pemain Indonesia harus dibayar dengan kartu kuning. Muhammad Zulqarnaen yang menghambat laju Febri Hariyadi dengan melakukan pelanggaran dikenakan kartu kuning.
  • 09 Nov 20:19

    Singapura Berupaya Mencetak Gol Cepat

    Unggul 1-0 di babak pertama sudah cukup membuat timnas Singapura percaya diri untuk lebih aktif melakukan serangan. Fandi Ahmad sepertinya mengubah cara bermain anak asuhnya.
  • 09 Nov 20:18

    Faris Ramli Berbahaya, Bola Membentur Mistar! (50')

    Serangan cepat Singapura, Faris Ramli menyongsong bola cepat dari belakang. Bola yang disepaknya melewati Andritany tapi bola membentur mistar.
  • 09 Nov 20:16

    Singapura Usil dan Jahil, Memantik Emosi

    Untuk mencegah serangan balik Indonesia pemain-pemain Singapura terkadang melakukan pelanggaran di lini tengah untuk mencegah pemain tim Merah Putih melepaskan bola ke lini pertahanan mereka.
  • 09 Nov 20:14

    Serangan Cepat Singapura, Hansamu Tepat Halau

    Di menit-menit awal babak kedua Singapura sudah melayangkan serangan cepat setelah mematahkan serangan di lini tengah. Hansamu Yama menunjukkan kualitas sebagai bek tengah utama dengan melakukan halauan.
  • 09 Nov 20:13

    Babak Kedua Dimulai, Riko Masuk Ganti Irfan

    Timnas Indonesia melakukan pergantian pemain di awal babak kedua. Riko Simanjuntak menggantikan Irfan Jaya.
  • 09 Nov 20:12

    Rencana B dari Bima Sakti

    Menarik untuk menanti rencana Bima Sakti untuk mengamankan laga perdana di Singapura.
  • 09 Nov 20:06

    Skema Gol Singapura yang Sebenarnya Diharapkan Indonesia

    Gol Hariss Harun ke gawang Andritany Ardhyasa diawali dari sebuah umpan lambung diagonal dari sisi kiri yang disambut pemain di sisi kanan kotak penalti. Bola lantas dikirim ke muka gawang dan terjadi kemelut. Si kulit bulat kemudian bergulir ke area kosong yang ditempati Harun.

    Timnas Indonesia tentunya sudah hafal skema menyerang yang memanfaatkan lini kedua seperti itu. Namun lini belakang Singapura cukup kukuh.

    Beto Goncalves mendapat penjagaan ketat dari Irfan Fandi Ahmad.Beto Goncalves mendapat penjagaan ketat dari Irfan Fandi Ahmad. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
  • 09 Nov 20:01

    Rencana Permainan Timnas Indonesia Tidak Berjalan Baik

    Pada babak pertama, Timnas Indonesia berupaya mendominasi penguasaan bola. Upaya untuk memancing pergerakan lawan ke daerah tengah dan kemudian melepas bola ke sayap kanan atau kiri sudah dilakukan, tapi pemain Singapura mampu mengantisipasinya. Timnas Indonesia pun tidak memiliki serangan yang mematikan selama 45 menit pertama.

    Pergerakan Febri Hariyadi dan Irfan Jaya mampu dibatasi anak asuh Fandi Ahmad yang mampu membaca serangan tim Merah Putih dengan cukup baik.

    LIVE: Singapura vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2018Timnas Singapura menjamu Timnas Indonesia dalam laga pertama Grup B Piala AFF 2018. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
    Singapura bermain rapat. Jarak antara satu pemain dan pemain lain tidak renggang sehingga mampu memutus serangan Indonesia yang memanfaatkan permainan kaki ke kaki, selain juga berlaku usil menjahili Evan Dimas agar Indonesia tidak melakukan serangan balik cepat.

    Permainan efektif dan efisien Singapur menghasilkan tiga peluang yang mengancam gawang Andritany Ardhyasa. Satu peluang diselesaikan Hariss Harun, dua peluang lain mentah di tangan Andritany.
  • 09 Nov 19:57

    Babak Pertama Usai, Timnas Indonesia Tertinggal 0-1

    Babak pertama telah berakhir. Gol Hariss Harun membuat Timnas Indonesia tertinggal 0-1.
  • 09 Nov 19:52

    Timnas Indonesia Kerap Lontarkan Bola Langsung ke Depan

    Timnas Indonesia dalam beberapa kesempatan terlihat kesulitan menguasai bola untuk membangun serangan sehingga bola-bola panjang dijadikan alternatif untuk membongkar pertahanan lawan.

    Evan Dimas.Evan Dimas belum bisa melepaskan diri dari pengawalan pemain Singapura. (ANTARA/INASGOC/Charlie)
  • 09 Nov 19:50

    Timnas Singapura Percaya Diri, Kembali Dapatkan Peluang Emas(40')

    Singapura kembali mendapat peluang emas. Sebuah bola crossing mampu dijangkau pemain Singapura bola dipantulkan ke tengah. Tembakan yang dilepaskan masih mampu ditepis Andritany.
  • 09 Nov 19:48

    Timnas Indonesia Cetak Gol, tapi Offside (39')

    Stefano Lilipaly mencetak gol, namun asisten wasit sudah mengangkat bendera lebih dulu menganggap Irfan Jaya yang mengirim assist sudah lebih dulu ofside.
  • 09 Nov 19:46

    Singapura 1-0 Indonesia (37')

    Timnas Singapura mencetak gol ke gawang  Timnas Indonesia. Haris Harun mencetak gol setelah memanfaatkan bola liar di kotak penalti Indonesia.
  • 09 Nov 19:42

    Pelanggaran yang Dapat Membahayakan (34')

    Pemain-pemain Indonesia beberapa kali melakukan pelanggaran di daerah pertahanan yang bisa membahayakan gawang Andritany. Pada menit ke-34, Andritany kembali mengamankan keadaan setelah Singapura mendapat bola mati dan diakhiri dengan sundulan ke arah gawang.
  • 09 Nov 19:35

    Saling Berbalas Serangan Balik (28')

    Sebuah set piece tendangan sudut Singapura berhasil dipatahkan Timnas Indonesia. Bola langsung dialirkan ke depan dan Stefano Lilipaly mengejar bola yang menuju kotak penalti lawan. Kiper Singapura cepat keluar dari sarangnya dan melepaskan bola jauh yang menjangkau kotak penalti Indonesia. Andritany mampu menetralisir keadaan.

    Hansamu Yama tidak bisa bersantai di laga perdana Piala AFF 2018.Hansamu Yama tidak bisa bersantai di laga perdana Piala AFF 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
  • 09 Nov 19:32

    Singapura Bermain Rapat

    Para pemain Singapura bermain cukup dekat satu sama lain sehingga mampu menghambat laju serangan yang diupayakan Timnas Indonesia.
  • 09 Nov 19:28

    Beto Goncalves Belum Mendapat Bola Matang

    Kemampuan timnas Singapura merapatkan barisan dan membatasi pergerakan Irfan Jaya dan Febri Hariyadi membuat Beto Goncalves belum mendapat bola matang untuk dieksekusi.
  • 09 Nov 19:26

    Indonesia Hampir Mencetak Gol! (15')

    Sepakan Stefano Lilipaly untuk mengirim umpan ke kotak penalti mengenai badan lawan dan bola mengenai mistar. Peluang emas pertama Timnas Indonesia.

    LIVE: Singapura vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2018Stefano Lilipaly sudah bermain di Piala AFF 2016. (AFP PHOTO / HOANG DINH NAM)
  • 09 Nov 19:24

    Serangan Timnas Indonesia Masih Mampu Dimentahkan Singapura

    Hampir sepertiga babak pertama telah berjalan. Timnas Indonesia yang mencoba melakukan penguasaan bola tidak mampu menembus daerah pertahanan Singapura.
  • 09 Nov 19:22

    Singapura Coba Bermain Efisien

    Menghadapi dominasi pemain Indonesia, Singapura mencoba bermain efisien dan memaksimalkan ruang yang ditinggalkan pemain Indonesia ketika menyerang.

  • 09 Nov 19:10

    Peluang Emas Singapura! (9')

    Timnas Singapuram memiliki peluang emas ketika Yasir Hanafi mampu berhadapan satu lawan satu dengan Andritany. Beruntung, kiper Persija Jakarta itu masih mampu melakukan blok. Skor masih 0-0.
  • 09 Nov 19:11

    Andritany Cukup Berani di Muka Gawang

    Dalam membangun serangan, bola bergulir ke belakang. Andritany yang menguasai bola cukup percaya diri melakukan gerak tipu untuk mengelabui pemain lawan yang mendekatinya. Timnas Indonesia masih berupaya membangun serangan. Tiga menit hampir berlalu, bola hampir selalu lekat dengan kaki pemain Indonesia.
  • 09 Nov 19:01

    Laga Dimulai

    Pertandingan sudah dimulai, Singapura menguasai bola.
  • 09 Nov 19:03

    Timnas Indonesia Turun dengan Formasi 4-2-3-1

    Timnas Indonesia akan tampil dengan empat pemain bertahan, I Putu Gede Juni Antara, Ricky Fajrin, Hansamu Yama Pranata, dan Rizky Pora, untuk menjadi benteng Andritany Ardhyasa yang berada di bawah mistar gawang.

    Evan Dimas Darmono dan Zulfiandi akan berbagi peran untuk menjalankan mesin tim di lini tengah. Irfan Jaya dan Febri Hariyadi berperan sebagai pemain sayap. Stefano Lilipaly akan menyokong Beto Goncalves yang menjadi penyerang tunggal.

    Irfan Jaya akan mengisi sisi kiri sayap Timnas Indonesia.Irfan Jaya akan mengisi sisi kiri sayap Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
    Timnas Singapura: Hassan Sunny; Zulqarnaen Suzliman, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Shakir Hamzah; Hariss Harun, Izzdin Shafiq, Yasir Hanapi, Faris Ramli; Gabriel Quak, Ikhsan Fandi.

    Timnas Indonesia: Andritany Ardhiyasa; I Putu Gede Juni Antara, Ricky Fajrin, Hansamu Yama Pranata, Rizky Pora; Evan Dimas Darmono, Zulfiandi; Irfan Jaya, Stefano Lilipaly, Febri Hariyadi; Beto Goncalves.
  • 09 Nov 18:59

    Sebelas Edisi Tanpa Gelar

    Timnas Indonesia belum pernah menyandang predikat juara Piala AFF sejak kejuaraan sepakbola antarnegara Asia Tenggara digelar pada 1996.

    Generasi-generasi terbaik sepak bola Indonesia tidak pernah meraih gelar Piala AFF.Generasi-generasi terbaik sepak bola Indonesia tidak pernah meraih gelar Piala AFF. (REUTERS/Crack Palinggi)
    Runner-up adalah capaian terbaik tim Merah Putih di Piala AFF. Tidak tanggung-tanggung, lima kali sudah Timnas Indonesia menjadi penghuni peringkat kedua, yakni pada 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

  • 09 Nov 18:58

    Start Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

    Timnas Indonesia akan mengawali langkah di Piala AFF 2018 dengan menghadapi timnas Singapura di Stadion Nasional, Kallang, Singapura, Jumat (9/11).

Related Articles