Timnas Indonesia Tertinggal 0-1 dari Singapura di Babak I

CNN Indonesia | Jumat, 09/11/2018 19:50 WIB
Timnas Indonesia Tertinggal 0-1 dari Singapura di Babak I Timnas Indonesia tertinggal 0-1 dari Singapura di babak pertama pada ajang Piala AFF 2018. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia tertinggal 0-1 dari Singapura hingga akhir babak pertama laga Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Singapura, Jumat (9/11).

Indonesia berusaha menampilkan permainan cepat sejak awal babak pertama. Namun, Singapura sukses memberikan tekanan yang membuat para pemain Garuda tidak nyaman saat melakukan penguasaan bola.

Singapura memiliki peluang pertama lewat Yasir Hanapi pada menit kesembilan. Memanfaatkan kelengahan lini belakang Indonesia, Hanapi berada dalam posisi satu lawan satu dengan kiper Andritany Ardhiyasa setelah menerima umpan terobosan. Beruntung Andritany dengan gemilang memblok tendangan Hanapi dengan satu tangan.


Tiga menit kemudian Singapura kembali mengancam. Penyerang Ikhsan Fandi berhasil memenangi duel udara di dalam kotak penalti Indonesia. Tapi, sundulan putra pelatih Singapura Fandi Ahmad itu masih menyamping di sisi kiri gawang Andritany.

Timnas Indonesia tidak mampu keluar dari tekanan Singapura di babak pertama.Timnas Indonesia tidak mampu keluar dari tekanan Singapura di babak pertama. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Peluang pertama Indonesia tercipta pada menit ke-15. Sebuah umpan silang Stefano Lilipaly dari sisi kanan berusaha disundul Irfan Fandi. Namun, usaha sundulan Irfan justru mengarah ke gawang sendiri. Beruntung bagi Irfan, bola hasil sundulannya hanya mengenai mistar gawang kiper Hassan Sunny.

Pertarungan lini tengah terus terjatuh memasuki pertengahan babak pertama. Singapura kemudian berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-37 melalui gol Hariss Harun. Gol tercipta setelah umpan silang Gabriel Quak gagal diantisipasi lini belakang Indonesia di dalam kotak penalti.

Satu menit kemudian Indonesia sebenarnya berhasil mencetak gol melalui Stefano Lilipaly setelah menerima umpan Irfan Jaya. Tapi, gol tersebut dianulir karena Irfan Jaya dianggap offside. Dalam tayangan ulang terlihat Irfan Jaya sebenarnya tidak dalam posisi offside ketika menerima umpan lambung.

Setelah gol Lilipaly yang dianulir, Singapura hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-40 melalui Faris Ramli. Namun, tendangan keras Faris dari dalam kotak penalti berhasil diblok Andritany.

Hingga akhir babak pertama, keunggul 1-0 Singapura atas Indonesia tetap bertahan.

Susunan pemain

Timnas Singapura: Hassan Sunny; Zulqarnaen Suzliman, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Shakir Hamzah; Hariss Harun, Izzdin Shafiq, Yasir Hanapi, Faris Ramli; Gabriel Quak, Ikhsan Fandi.

Timnas Indonesia: Andritany Ardhiyasa; I Putu Gede Juni Antara, Ricky Fajrin, Hansamu Yama Pranata, Rizky Pora; Evan Dimas Darmono, Zulfiandi; Irfan Jaya, Stefano Lilipaly, Febri Hariyadi; Beto Goncalves. (har/nva)