Pelatih McGregor Belum Sepenuhnya Memaafkan Khabib

CNN Indonesia | Rabu, 14/11/2018 06:36 WIB
Pelatih McGregor Belum Sepenuhnya Memaafkan Khabib Khabib mengalahkan McGregor dengan submission. (REUTERS/Stephen R. Sylvanie-USA TODAY Sports)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih petarung Ultimate Fighting Championship (UFC) Conor McGregor, John Kavanagh, belum sepenuhnya memaafkan Khabib Nurmagomedov akibat kericuhan setelah UFC 229 di Las Vegas pada 6 Oktober 2018.

Usai mengalahkan McGregor di ronde keempat dengan submission, Khabib loncat keluar oktagon dan menyerang rekan yang juga sparring partner Conor McGregor, Dillon Danis. Ketika itu Khabib mengamuk karena merasa dihina oleh Danis yang merendahkan agama, negara, dan juga keluarganya.

Sebulan lebih dari peristiwa tersebut, Kavanagh kembali angkat bicara tentang aksi Khabib tersebut. Namun Kavagah belum benar-benar memafaatkan tindakan Khabib yang membuat kericuhan di arena pertarungan di T-Mobil Arena itu.


Satu hal yang paling dan masih membuat Kavanagh kesal adalah serangan yang diberikan rekan setim Khabib, Zubaira Tukhugov, kepada McGregor.

Tak berapa lama setelah Khabib lompat keluar oktagon, Zubaira juga melompat pagar oktagon dan memukul McGregor dari belakang. Kavanagh menilai serangan yang dilakukan Zubaira sangat mengganggu ketertiban saat itu.

Khabib membuat keributan usai UFC 229.Khabib membuat keributan usai UFC 229. (Harry How/Getty Images/AFP)
"Karena Conor telah menjalani pertarungan yang sangat sulit dan kemudian orang itu [Zubaira] menyerang dari belakang. Saya lihat tayangan ulang ketika orang yang lebih tua itu [Zubaira] menyerang pemain," ucap Kavanagh seperti yang dikutip dari Express pada Selasa (13/11).

"Itulah yang saya rasakan tentang orang yang masuk ke oktagon. Mereka tidak terlibat dalam pertarungan antara Khabib dan Conor. Menurut saya, orang yang masuk ke oktagon itu kriminal," ucapnya melanjutkan.

Meski belum sepenuhnya memaafkan Khabib, tetapi Kavanagh memaklumi kemarahan yang dialami petarung asal Rusia tersebut.

"Apakah itu [amukan Khabib tindakan yang] benar? Tentu saja tidak. Akan tetapi, saya bisa mengerti itu," kata Kavanagh.

"Jadi saat Khabib lompat keluar oktagon, itu bukan suatu masalah yang besar bagi saya. Dia loncat ke bawah dan mendorong Dillon, Dillon mendorongnya kembali dan itu sudah berakhir," katanya menambahkan. (map/sry)