Timnas Indonesia Empat Kali Gagal ke Semifinal Piala AFF

CNN Indonesia | Rabu, 21/11/2018 21:30 WIB
Timnas Indonesia Empat Kali Gagal ke Semifinal Piala AFF Timnas Indonesia gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2018. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2018. Catatan ini merupakan keempat kalinya skuat Garuda tidak lolos ke babak empat besar.

Timnas Indonesia dipastikan gagal lolos ke semifinal untuk keempat kalinya setelah laga Filipina lawan Thailand berakhir imbang. Hasil imbang itu membuat Filipina dan Thailand mengantongi tujuh poin dan tak mungkin lagi bisa dikejar oleh Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia sendiri masih menyisakan satu laga tersisa di Piala AFF 2018 ini yaitu saat menjamu Filipina pada 25 November mendatang.


Timnas Indonesia pertama kalinya gagal lolos ke semifinal Piala AFF pada edisi 2007. Saat itu nasib Timnas Indonesia terbilang tragis lantaran ada di posisi ketiga grup B dengan nilai lima, sama halnya dengan Singapura dan Vietnam yang lolos ke babak empat besar.

Timnas Indonesia tak mungkin bisa duduk di posisi dua besar meski masih memiliki satu laga tersisa.Timnas Indonesia tak mungkin bisa duduk di posisi dua besar meski masih memiliki satu laga tersisa. (Chalinee THIRASUPA / AFP)
Timnas Indonesia mengawali laga dengan kemenangan 3-1 atas Laos. Setelah itu, Atep dan kawan-kawan bermain imbang lawan Vietnam (1-1) dan Singapura (2-2). Timnas Indonesia tak berhak lolos lantaran kalah selisih gol dari Singapura dan Vietnam. Singapura menang 11-0 atas Laos sedangkan Vietnam mengukir kemenangan 9-0 atas Laos. Hal itulah yang jadi penentu kegagalan Timnas Indonesia.

Kegagalan Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF untuk kedua kalinya terjadi pada Piala AFF 2012. Dengan kondisi perpecahan di tubuh PSSI, Timnas Indonesia tidak bisa meracik komposisi terbaik lantaran banyak pemain yang tidak diizinkan oleh klub untuk membela Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia masih akan menghadapi satu laga tersisa melawan Filipina.Timnas Indonesia masih akan menghadapi satu laga tersisa melawan Filipina. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Timnas Indonesia mengawali turnamen dengan hasil imbang lawan Laos, 2-2. Setelah itu, Timnas Indonesia mampu mengantongi kemenangan 1-0 atas Singapura. Sayangnya, di laga terakhir Timnas Indonesia yang hanya butuh hasil imbang malah kalah 0-2 dari Malaysia. Timnas Indonesia akhirnya harus puas duduk di posisi ketiga dengan nilai empat poin, selisih dua angka dari Malaysia dan Singapura.

Dua tahun berselang, Timnas Indonesia kembali gagal lolos dari babak penyisihan grup.

Timnas Indonesia mengawali turnamen dengan hasil imbang 2-2 lawan Vietnam. Setelah itu, Indonesia menelan pil pahit lantaran kalah 0-4 dari Filipina. Meski menang 5-1 atas Laos di laga terakhir, hal itu tidak menolong Timnas Indonesia untuk menggusur posisi Vietnam dan Filipina di dua besar. (ptr/jun)