Klasemen Piala AFF 2018: Timnas Indonesia Gagal ke Semifinal

CNN Indonesia | Rabu, 21/11/2018 20:54 WIB
Klasemen Piala AFF 2018: Timnas Indonesia Gagal ke Semifinal Thailand tetap berhak memuncaki klasemen Grup B Piala AFF 2018. (Pakawich Damrongkiattisak/Lagardere Sports via affsuzukicup.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak ada perubahan signifikan dalam daftar klasemen Grup B Piala AFF 2018 setelah Filipina vs Thailand berakhir imbang 1-1 pada pertandingan lanjutan di Stadion Panaad, Rabu (21/11). Timnas Indonesia juga dipastikan tersingkir karena tak mungkin masuk posisi dua besar dengan satu laga tersisa di tangan.

Hasil imbang ini membuat Thailand tak tergoyahkan di puncak klasemen dengan raihan tujuh poin. Tim Gajah Perang unggul produktivitas gol atas Filipina yang juga berada di posisi kedua dengan perolehan nilai yang sama.

Singapura yang sukses menaklukkan Timor Leste dengan skor 6-1 berhak menduduki peringkat ketiga dengan catatan enam angka. Sementara Indonesia sudah dipastikan tersingkir karena tidak dapat mengejar perolehan poin Thailand dan Filipina.


Timnas Indonesia kini berada di posisi keempat dengan catatan tiga poin dari tiga pertandingan yang dilakoni. Satu-satunya kemenangan yang diraih tim Merah Putih tercipta saat menjamu Timor Leste 3-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Timnas Filipina menempel ketat Thailand di fase Grup B Piala AFF 2018.Timnas Filipina menempel ketat Thailand di fase Grup B Piala AFF 2018. (Courtesy of affsuzukicup.com)
Tim arahan Bima Sakti dua kali menderita kekalahan masing-masing 0-1 atas Singapura dan takluk 2-4 di markas Thailand. Selanjutnya, Indonesia akan menjamu Filipina di Jakarta pada laga pamungkas Grup B pada 24 November mendatang.

Di waktu yang bersamaan, Thailand bakal menghadapi laga penentu lawan Singapura di Stadion Rajamangala. Thailand, Filipina, dan Singapura sama-sama masih berpeluang lolos ke semifinal.

Klasemen Grup B Piala AFF 2018

1. Thailand 3 (7)
2. Filipina 3 (7)
3. Singapura 3 (6)
4. Indonesia 3 (3)
5. Timor Leste 4 (0) (jun/ptr)