Singkirkan Thailand, Malaysia Lolos ke Final Piala AFF 2018

CNN Indonesia | Rabu, 05/12/2018 21:35 WIB
Singkirkan Thailand, Malaysia Lolos ke Final Piala AFF 2018 Malaysia lolos ke babak final Piala AFF 2018 setelah bermain imbang 2-2 lawan tuan rumah Thailand. (Lilian Suwanrumpha/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Malaysia berhasil lolos ke final Piala AFF 2018 setelah bermain imbang 2-2 melawan tuan rumah Thailand pada leg kedua semifinal, Rabu (5/12).

Malaysia yang hanya mampu bermain imbang 0-0 saat jadi tuan rumah pada leg pertama sejatinya dalam tekanan besar karena mereka sempat tertinggal 0-1 setelah Irfan Zakaria melakukan gol bunuh diri di menit ke-21.

Namun tujuh menit berselang, Malaysia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat Syahmi Safari.


Masuk ke babak kedua, Thailand kembali unggul 2-1 lewat Pansa Hemviboon. Tetapi kegigihan Malaysia berbuah manis setelah Norshahrul Idlan membawa Malaysia menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Di detik-detik akhir pertandingan, Malaysia dalam situasi kritis setelah Thailand mendapatkan penalti. Namun Adisak Kraisorn yang dipercaya menjadi eksekutor gagal melaksanakan tugasnya dengan baik. Tembakan Adisak melenceng dan skor 2-2 bertahan hingga akhir pertandingan.

Dengan kedudukan 2-2, Malaysia berhak lolos ke babak final lantaran mereka unggul agresivitas gol tandang atas Thailand.

Malaysia kini menanti pemenang duel Vietnam lawan Filipina pada leg kedua semifinal lainnya, Kamis (6/12). Vietnam sedikit di atas angin karena mampu mencuri kemenangan 1-0 pada leg pertama yang berlangsung di Filipina. (ptr/ptr)