Dokter Tak Jamin Marquez Sembuh Total dari Cedera Bahu

CNN Indonesia | Jumat, 07/12/2018 08:52 WIB
Dokter Tak Jamin Marquez Sembuh Total dari Cedera Bahu Marc Marquez mengalami dislokasi bahu kiri pada MotoGP Jepang 2018. (REUTERS/Toru Hanai)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dokter Xavier Mir yang menangani operasi Marc Marquez tidak menjamin sang juara dunia MotoGP itu bisa pulih seratus persen dari cedera bahu kiri.

Marquez menjalani operasi bahu di Barcelona pada Selasa (4/12), setelah memastikan gelar juara MotoGP 2018 sekaligus setelah melalui tes pramusim MotoGP 2019. Padahal pebalap Repsol Honda itu sudah mengalami dislokasi bahu selepas memastikan gelar di MotoGP Jepang yang berlangsung pada 21 Oktober.

Mir yang mengoperasi Marquez bersama dua dokter lain, Victor Marlet dan Teresa Marlet, mengaku operasi yang dilakukan cukup sulit.


"Untuk Marc, karena kepala humerus [tulang panjang di lengan] keluar ke segala arah, kami telah melakukan dua hal. Pertama, operasi terbuka dengan memastikan tulang tidak bergerak dan dengan artroskopi kami membedah ligamen," ujar Mir secara rinci seperti dikutip Marca.

"Mengenai lengan yang keluar ke segala arah, ada dua teknik yang dikombinasikan, itu rumit dan menghubungkan dua jenis operasi yang dilakukan dalam jenis cedera ini," sambungnya.

Marc Marquez beristirahat lebih dari sebulan setelah menjalani operasi bahu kiri.Marc Marquez beristirahat lebih dari sebulan setelah menjalani operasi bahu kiri. (CNN Indonesia/Haryanto Tri Wibowo)
Setelah melewati operasi yang sulit, Marquez tidak dipastikan bisa pulih dari cedera bahu. Mir mengatakan kondisi pasiennya akan terus dipantau setelah operasi.

"Siapapun tidak bisa digaransi pulih seratus persen, tetapi setelah operasi termasuk ketika dia tidur kami melakukan tes stabilitas. Dengan televisi pemantau kami menggerakkan bahunya ke segala arah dan bahunya tidak mengalami dislokasi."

"Ketika dia merasa ada yang tidak nyaman, dia akan merasakannya. Dia telah melihat operasi yang serius dan sulit, semua akan baik-baik saja, yang harus dilakukan sekarang adalah menyembuhkannya karena ada batas waktu yang sudah ditentukan," jelas Mir.

Usai operasi bahu, Marquez beristirahat dari aktivitas balapan selama enam pekan ke depan. Marquez akan kembali ke Rumah Sakit Quiron Dexeus untuk melakukan pemeriksaan lanjutan bersama dengan fisioterapis pribadinya, Carlos Garcia. (nva/nva)


BACA JUGA