Sidang Keributan Khabib Ditunda hingga Tahun Depan

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 11/12/2018 08:43 WIB
Sidang Keributan Khabib Ditunda hingga Tahun Depan Khabib dianggap memukul petugas UFC dan NAC saat keributan di Las Vegas Oktober lalu. (Harry How/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sidang petarung Khabib Nurmagomedov terkait keributan usai Ultimate Fighting Championship (UFC) 229 lalu harus ditunda hingga tahun depan.

Khabib dan pengacaranya dijadwalkan datang dalam pertemuan dengan Komite Atletik Nevada (NAC) yang juga dihadiri jaksa dari Nevada pada Senin (10/12) waktu setempat.

Hanya saja, karena petarung asal Rusia itu batal hadir, NAC menyetujui permintaan bersama termasuk dari pengacara Khabib, James Pisanelli, agar sidang itu diundur hingga 29 Januari 2019.


Dengan pengunduran itu Khabib tidak saja harus menunggu lebih lama mengenai nasibnya di UFC, tetapi juga tidak bisa bertarung hingga keputusan sidang tersebut keluar.

"Saya mendiskusikan kasus ini dan memulai pertukaran catatan, dokumen, serta bahan-bahan lain yang diperlukan untuk mempersiapkan sidang. Kami mengakui bahwa itu memakan lebih banyak waktu dibanding kemampuan kami untuk terlibat dalam negosiasi penyelesaian perkara," kata Wakil Kepala Jaksa Nevada Caroline Bateman dikutip dari MMA Junkie.

Saat ini baik Khabib dan Conor McGregor masih dalam masa hukuman dari NAC karena keributan yang terjadi di T-Mobile Arena, Las Vegas, usai UFC 229 pada Oktober lalu.

Di UFC 229 Khabib mengalahkan McGregor di ronde keempat melalui submission.Di UFC 229 Khabib mengalahkan McGregor di ronde keempat melalui submission. (REUTERS/Stephen R. Sylvanie-USA TODAY Sports)
Di UFC 229 Khabib menang atas McGregor di ronde keempat melalui submission. Hanya saja, petarung 30 tahun itu terprovokasi oleh ucapan rekan McGregor, Dillon Danis, yang diklaim menghina, agama, keluarga, dan negara Khabib.

Di saat Khabib menyerang Danis, McGregor juga berseteru dengan tim dari petarung asal Rusia itu. NAC pun menuduh Khabib karena melakukan perilaku tidak pantas atau tidak sportif.

Khabib yang belum terkalahkan itu juga dianggap memukul beberapa orang seperti: Dillon Danis, inspektur NAC, hingga personel keamanan UFC. Termasuk disebut melanggar undang-undang di Nevada.

Khabib masih berstatus sebagai juara kelas ringan UFC.Khabib masih berstatus sebagai juara kelas ringan UFC. (REUTERS/Said Tsarnayev)
Seperti Khabib, McGregor juga diberikan tuduhan yang sama karena diklaim memukul anggota tim dari lawan, Abubakar Nurmagomedov.

MMA Junkie menyebut NAC memiliki kemungkinan menangguhkan atau mencabut lisensi Khabib dan McGregor yang berarti melarang keduanya bertarung seumur hidup. Termasuk menahan bayaran hasil pertarungan sebesar US$ 250 ribu atau setara dengan Rp3,6 miliar.

Caroline Bateman mengatakan pihaknya akan terus berkomunikasi dengan kubu Khabib agar ada keputusan sebelum sidang tahun depan.

"Kami akan melanjutkan diskusi dengan pihak Khabib. Namun kami juga akan mempersiapkan sidang lengkap di pertemuan Januari jika kami tidak mencapai resolusi," ucap Bateman. (sry)