Jose Mourinho Kembali Tersandung di Tengah Jalan

CNN Indonesia | Selasa, 18/12/2018 17:55 WIB
Jose Mourinho Kembali Tersandung di Tengah Jalan Jose Mourinho sudah menjalani profesi sebagai manajer tim sejak 2000. (Reuters/John Sibley)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jose Mourinho tidak asing dengan perpisahan di tengah jalan dengan klub yang ia latih. Manchester United merupakan klub keempat yang berpisah dengan pelatih asal Portugal itu pada pertengahan musim.

Benfica, Uniao de Leiria, Chelsea, dan Manchester United tercatat menjadi klub yang pernah melepas Mou di tengah jalan.
Karier manajerial pertama Mourinho di Benfica berlangsung cepat, tidak sampai tiga bulan. Bergabung pada pertengahan September 2000, pelatih yang sebelumnya dikenal sebagai penerjemah itu memutuskan hengkang pada awal Desember 2000. Ketika itu kedatangan presiden baru Benfica membuat Mourinho lengser.

Ketika menangani Uniao de Leiria, Mourinho juga hanya bekerja dalam waktu singkat. Menangani klub sejak Juli 2001, Mou lantas mengakhiri kerja sama dengan klub asal Portugal itu pada awal tahun 2002 untuk bergabung dengan FC Porto.

Bersama Porto, Mourinho meraih sukses. Dua gelar liga domestik dan trofi Liga Champions musim 2003/2004 menjadi lambang kesuksesan yang mengantarkan Mourinho berpisah baik-baik dengan salah satu raksasa sepak bola Portugal itu pada akhir 2004.


Jose Mourinho Kembali Tersandung di Tengah JalanJose Mourinho menjadi salah satu pelatih yang kontroversial dalam pentas sepak bola dunia. (Reuters/Carl Recine)
Karier Mou kemudian bersinar di Liga Inggris bersama Chelsea. Sukses pada dua musim awal bersama The Blues, Mourinho kemudian berpisah pada awal musim keempat bersama Chelsea atau tepatnya pada September 2007.

Sempat menganggur, Mourinho kemudian menyetujui permintaan Internazionale Milan pada musim 2008/2009. Bersama Inter, Mourinho menjalani masa kejayaan yang dibuktikan dengan dua gelar Serie A dan satu gelar Liga Champions.

Real Madrid kemudian menggaet Mou dari Italia. Minim gelar bergengsi, hanya mempersembahkan satu piala La Liga, juru latih yang kerap mengeluarkan komentar kontroversial itu kemudian berpisah pada akhir musim ketiga di Spanyol.

Dilepas Madrid pada Juni 2013, Mourinho kembali ditarik Chelsea. Masa manajerial Mou yang kedua di Chelsea tidak jauh berbeda dengan situasi kepemimpinan pertama di The Blues. Setelah meraih sukses mendatangkan gelar juara liga Inggris pada musim 2014/2015, kemerosotan penampilan Eden Hazard dan kawan-kawan memicu pemecatan Mou pada Desember 2015. (nva/jun)