Satgas Polri Anti-Mafia Bola Dalami Keterlibatan Wasit

CNN Indonesia | Jumat, 28/12/2018 15:26 WIB
Satgas Polri Anti-Mafia Bola Dalami Keterlibatan Wasit Kabid Humas Polda Metro Jaya, Argo Yuwono (kiri), mengatakan Satgas Anti-Mafia Bola akan mendalami keterlibatan wasit. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Satgas Mabes Polri Anti-Mafia Sepak Bola mulai mendalami keterlibatan para wasit dalam skandal pengaturan skor pada Liga 2 dan Liga 3 yang dianggap berpengaruh dalam dunia sepak bola Indonesia.

Informasi itu disampaikan oleh Ketua Tim Media Satgas Anti-Mafia Bola sekaligus Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi, Argo Yuwono di Jakarta, Jumat (28/12).

Dilansir Antara, Argo menjelaskan tersangka mafia pengaturan skor, Johar Lin Eng, disebut menghubungi tersangka berinisial P yang sempat menjabat sebagai Ketua Komisi Wasit.
Satgas Polri Anti-Mafia Bola Dalami Keterlibatan WasitSatgas Polri Anti-Mafia Bola mencurigai ada keterlibatan sejumlah wasit dalam skandal pengaturan skor di kompetisi Indonesia. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)
Melalui P, Johar Lin Eng mengetahui wasit yang dapat diajak bekerja sama untuk mengatur jalannya pertandingan.


"P ini mantan komisi wasit, P tahu ada 35 wasit dan tidak semua dapat diajak berkompromi. Untuk klub yang sudah komunikasi dengan J, dia tinggal menentukan wasitnya siapa," tutur Kombes Pol Argo dikutip dari Antara.

Kendati demikian, Polda Metro Jaya belum dapat memastikan ada sindikat yang mengatur skor pertandingan sepak bola untuk Liga 2 dan Liga 3.

Sebelumnya, Satgas menangkap Johar Lin Eng di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (27/12) pagi. Ia merupakan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang juga sebagai Ketua Asosisasi Provinsi PSSI Jawa Tengah.

Catatan redaksi: Artikel ini mengalami perubahan di paragraf terakhir pada pukul 14.47 WIB, Sabtu (29/12), setelah mendapatkan klarifikasi dari pihak terkait. (Antara/nva)