Ma'ruf Amin Mengaku sebagai Bobotoh Persib

CNN Indonesia | Rabu, 02/01/2019 19:26 WIB
Ma'ruf Amin Mengaku sebagai Bobotoh Persib Calon wakil presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin mengaku sebagai fan Persib atau Bobotoh. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon wakil presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin, menerima perkumpulan para Bobotoh pendukung Persib Bandung dan komunitas pecinta motor gede 'The Brotherhood', di kediaman Ma'ruf di Menteng, Jakarta, Rabu (2/1).

Seperti dilansir dari Antara, ada momen menarik ketika Ma'ruf Amin mengaku sebagai fan berat Maung Bandung atau Bobotoh kepada para peserta pertemuan yang hadir.

Pada saat akan mengambil foto, salah satu Bobotoh yang hadir secara spontan menanyakan kepada Ma'ruf, apa klub sepak bola kegemarannya.


"Apa klub sepak bola kegemaran Abah [Ma'ruf Amin]? Persebaya?" tanya salah satu Bobotoh.
Sejumlah Bobotoh mengunjungi kediaman Ma'ruf Amin.Sejumlah Bobotoh mengunjungi kediaman Ma'ruf Amin. (ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra)

Ma'ruf sontak menjawab, "Ya, Persib lah." Pengakuan Ma'ruf itu pun membuat perwakilan Bobotoh tertawa. Pada kesempatan tersebut Bobotoh dan Ma'ruf saling bertukar cinderamata.

Dalam kesempatan itu, 'The Brotherhood' dan sejumlah Bobotoh yang hadir dalam pertemuan itu menyatakan dukungan pada pasangan dari capres nomor urut 01 Joko Widodo.

Salah satu perwakilan, Boboy mengatakan, telah meminta pada seluruh anggota The Brotherhood dan Bobotoh, khususnya di Jawa Barat untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf. Hal itu semata dilakukan agar kekalahan Jokowi-Ma'ruf di Jabar pada pilpres 2014 tak kembali terulang.

"Bagaimana pun caranya agar tidak terulang kekalahan Pak Jokowi di Jabar. Saya sampaikan ke Viking, masyarakat adat, Brotherhood mari kita dukung yang benar," ujar Boboy .

Sementara itu perwakilan Bobotoh, Rendra menyebut, dukungan ini merupakan perintah langsung dari Ketua Viking-organisasi Bobotoh, Heru Joko. Ia mengklaim Viking merupakan kelompok organisasi terbesar yang mendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Ini perintah langsung Pak Heru Joko. Untuk dukungan (semua Bobotoh) kami belum bisa kasih kepastian, tapi secara struktural Viking kami dukung Pak Jokowi-Ma'ruf," ucap Rendra.

Alasan lain yang membuat mereka mendukung Jokowi-Ma'ruf adalah rekam jejak pasangan calon nomor urut 01 itu. Selain itu Jokowi diketahui juga sering menonton langsung pertandingan sepak bola di stadion.

"Jadi sebagai sesama pecinta bola kita dukung. Tadi pun Pak Ma'ruf bilang dukung Persib," ucapnya.

Dalam pernyataan dukungan itu, perwakilan dari Bobotoh juga memberikan sebuah syal bertuliskan 'Bobotoh Jokowi' pada Ma'ruf. Ketua Umum MUI itu juga sempat menandatangani sebuah bola yang dibawa perwakilan Bobotoh. (antara/bac)