Legenda Brasil: Messi Nyaris Selevel Maradona

CNN Indonesia | Sabtu, 05/01/2019 00:39 WIB
Legenda Brasil: Messi Nyaris Selevel Maradona Lionel Messi dinilai Zico nyaris selevel dengan Diego Maradona. (Reuters/Ezra Shaw)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda timnas Brasil, Zico, mengatakan bintang Barcelona Lionel Messi nyaris selevel dengan legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona.

Zico mengakui Messi sebagai pemain terhebat era ini, namun pencapaiannya tidak sekomplet Maradona. Messi sudah memenangkan sederet trofi bergengsi di level kompetisi hingga dunia bersama Barcelona. Namun, La Pulga belum satu pun memenangkan trofi bergengsi internasional untuk timnas Argentina.

Berbeda dengan Maradona, ia bahkan pernah mengantarkan La Albiceleste meraih Piala Dunia 1986.


Diego Maradona dianggap Zico masih lebih hebat dari Lionel Messi. (Diego Maradona dianggap Zico masih lebih hebat dari Lionel Messi. (Foto: Reuters/John Sibley)
"Messi nyaris [selevel] dengan Maradona," ujar Zico yang kini melatih Kashima Antlers seperti dikutip dari AS.

"[Messi] hampir memiliki segalanya, tapi dia tidak memenangkan Piala Dunia. Maradona bermain di era kami. Maradona sudah berbuat banyak untuk klubnya seperti Messi dan juga untuk timnas Argentina. Maradona pernah juara dunia dan selalu berkompetisi ketika Argentina bahkan tidak difavoritkan saat itu [Piala Dunia 1986]."

Dengan statusnya tersebut, Messi disebut Zico masih jauh dari nama besar legenda Brasil lainnya: Pele. Mantan pemain Seleccao tersebut dinilainya sebagai pemain terhebat sepanjang masa.

"Itu artinya, menurut opini saya, ia [Messi] bukan tandingannya Pele. Saya masih menganggap Maradona di atas Messi. Dengan Pele, tidak. Pele memiliki kualitas dan karakter yang harus dimiliki pesepakbola."

"Ketika Tuhan menciptakannya [Pele] dengan semua yang dibutuhkan dari pesepakbola: kecepatan, kekuatan, dorongan, teknik, tendangan, sundulan, dan gocekan. Pokoknya semua yang dibutuhkan pemain," terang Zico. (bac/jun)