Mantan Juara Dunia Prediksi Lorenzo Bakal Tekan Marquez

CNN Indonesia | Rabu, 09/01/2019 19:25 WIB
Mantan Juara Dunia Prediksi Lorenzo Bakal Tekan Marquez Marc Marquez akan menjalani musim ketujuh di tim Repsol Honda. (REUTERS/Toru Hanai)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan juara dunia balap motor 500cc, Wayne Rainey, memprediksi Marc Marquez akan mendapat tekanan tambahan dari kedatangan Jorge Lorenzo ke Honda pada balapan MotoGP 2019.

Rainey menilai Marquez yang menjadi patokan kemajuan motor Honda akan berupaya sekuat tenaga tampil lebih baik ketimbang Lorenzo yang baru datang dari Ducati.

"Marquez memiliki keunggulan tapi juga memiliki kelemahan, itu yang harus diperbaiki. [Lorenzo] memiliki motivasi mengalahkan Marquez. Tapi Lorenzo dapat ditebak. Dia mengendarai motor dengan cara tertentu dengan risiko yang sedemikian rupa untuk finis," kata Rainey dilansir Autosport.


"Jika dia bisa mampu menekan Marquez dan memaksa Marquez membuat kesalahan, maka itu bagus bagi Lorenzo. Tekanan ada pada Marquez karena Lorenzo datang dari Ducati. Honda adalah timnya Marquez. Motor mereka sudah dikembangkan Marquez," sambungnya.

Marc Marquez sudah terlibat dalam pengembangan motor RC213V sejak 2013.Marc Marquez sudah terlibat dalam pengembangan motor RC213V sejak 2013. (REUTERS/Brandon Malone)
Rainey juga mengatakan sang juara bertahan MotoGP itu harus mengurangi jumlah kecelakaan untuk menjadi yang terbaik sekaligus menghindari peluang cedera.

"Jika Anda terjatuh dari motor, terseret di rumput dalam kecepatan 200 kilometer per jam, mungkin Anda akan baik-baik saja hingga dua meter pertama, tapi ketika Anda mulai terseret di lintasan, segalanya bisa terjadi," ucap Rainey.

"Saya berharap Marquez bisa lebih konsisten. Dia harus lebih sering berada di atas motor. Tidak sehat jika sering membuat kesalahan," tambahnya.

Marquez saat ini masih melakukan pemulihan cedera bahu selepas operasi dan menyatakan tidak akan optimal pada tes pramusim di Sirkuit Sepang pada Februari mendatang.

Sementara Lorenzo tampil cukup menjanjikan pada dua sesi tes akhir tahun ketika menunggangi motor Honda RC213V di Valencia dan Jerez. (nva/jun)


BACA JUGA