Tiga Rekor Baru Menanti Cristiano Ronaldo di Musim Ini

CNN Indonesia | Kamis, 10/01/2019 16:02 WIB
Tiga Rekor Baru Menanti Cristiano Ronaldo di Musim Ini Tiga rekor baru menanti Ronaldo di musim ini. (REUTERS/Massimo Pinca)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyerang Juventus Cristiano Ronaldo berpotensi mencatat rekor baru di musim ini sebagai pemain yang pernah mencicipi gelar top skor di tiga liga top Eropa.

Gagal meraih gelar Ballon d'Or 2018 bukan menjadi sebuah persoalan yang besar bagi Ronaldo. Gelar tersebut tahun lalu diraih mantan rekan setim dia di Real Madrid, Luka Modric.

Di musim ini Ronaldo berkesempatan meraih gelar individu bergengsi lainnya. Pemain asal Portugal itu bisa menjadi yang pemain pertama yang berhasil memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di tiga dari lima kompetisi bergengsi di Eropa.


Ketika membela Manchester United, Ronaldo sukses meraih gelar sebagai pencetak gol terbanyak pada musim 2007/2008. Kala itu,ia mencetak 31 gol.

Itu adalah kali pertama Liga Primer Inggris memiliki pemain yang mencetak lebih dari 30 gol sejak Alan Shearer pada musim 1995/1996 yang juga mencetak 31 gol.

Sementara saat membela Real Madrid, Ronaldo bahkan tiga kali menjadi pencetak gol terbanyak pada musim 2010/2011 (40 gol), 2013/2014 (31 gol), dan 2014/2015 (48 gol).

Ronaldo berpotensi jadi top skor Serie A di musim ini.Ronaldo berpotensi jadi top skor Serie A di musim ini. (REUTERS/Stefano Rellandini)
Kini di Juventus, untuk sementara Ronaldo masih memimpin dalam daftar pencetak gol terbanyak Serie A dengan mengumpulkan 14 gol. Kesempatan Ronaldo menambah torehannya itu makin terbuka lantaran Liga Italia baru melalui 19 pekan.

Selama ini, hanya ada enam pemain yang berhasil memimpin daftar pencetak gol terbanyak di dua kompetisi bergengsi Eropa yakni Edinson Cavani (Serie A dan Ligue 1), Zlatan Ibrahimovic (Serie A dan Ligue 1), Edin Dzeko (Serie A dan Bundesliga), Luca Toni (Serie A dan Bundesliga), Christian Vieri (La Liga dan Serie A), serta Luis Suarez (Liga Primer Inggris dan La Liga).

Bila Ronaldo meraih gelar pencetak gol terbanyak dan juara Serie A, ia juga akan menjadi pemain pertama yang berhasil meraih dua gelar itu pada musim debut.

Ronaldo dalam perburuan trofi keenam Liga Champions.Ronaldo dalam perburuan trofi keenam Liga Champions. (REUTERS/Hannah McKay)
Liga Champions

Selain top skor Serie A, Liga Champions juga akan mengantarkan nama Cristiano Ronaldo ke dalam daftar rekor lainnya.

Sejauh ini Ronaldo sudah meraih lima trofi Liga Champions, empat bersama Real Madrid dan satu dengan Man United.

Apabila juara di musim ini bersama Juventus, maka pemain berjuluk CR7 itu akan jadi pemain kedua setelah Paco Gento yang meraih enam gelar Piala Eropa (dulu Liga Champions) enam kali beruntun sejak 1955/1956 hingga 1965/1966.

Tidak hanya itu, Ronaldo juga bakal menyamai capaian Clarence Seedorf sebagai pemain yang meraih Liga Champions di tiga klub berbeda. Seedorf meraih prestasi itu bersama (Ajax Amsterdam, Real Madrid, AC Milan). (map/sry)