Setelah 20 Tahun Berkarier, Petr Cech Pensiun di Arsenal

jun, CNN Indonesia | Selasa, 15/01/2019 22:07 WIB
Setelah 20 Tahun Berkarier, Petr Cech Pensiun di Arsenal Petr Cech bakal pensiun di Arsenal akhir musim 2018/2019. (Reuters/Tony O'Brien)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kiper legendaris Liga Primer Inggris, Petr Cech, memutuskan pensiun di Arsenal pada akhir musim 2018/2019. Ia sudah berkarier selama 20 tahun di klub-klub Eropa.

Cech menimba ilmu bersama tim elite Ceko, Viktoria Plzen, sebelum memulai karier profesionalnya bersama Chmel Bisany. Namanya mulai tercium setelah tampil gemilang bersama Rennes periode 2002-2004.

Pamor Chech makin menanjak setelah gabung Chelsea pada 2004. Selama 11 tahun di Stamford Bridge, Chech sudah mencicipi empat gelar Liga Primer, Liga Champions, dan trofi Liga Europa.


Chech menerima pinangan Arsenal pada 2015. Meski tetap menjabat kiper utama, mantan pemain timnas Ceko itu hanya mampu meraih gelar Piala FA 2016/17.

Penjaga gawang berusia 36 tahun itu harus menggunakan helm khusus sejak mengalami cedera kepala di Chelsea pada 2006. Ia selalu mengenakan pelindung kepala yang kemudian menjadi ciri khasnya sejak tampil kembali pada 2007.

Petr Cech 15 tahun berkarier di Liga Primer Inggris.Petr Cech 15 tahun berkarier di Liga Primer Inggris. (Reuters/John Sibley)
Setelah 15 tahun berkarier di Liga Inggris, Chech memutuskan pensiun di akhir musim. Meski masih punya refleks jempolan, Chech mulai tersisih di mistar gawang Arsenal sejak kehadiran Bernd Leno.

Penjaga gawang legendaris Ceko itu pun memutuskan untuk mengakhiri karier profesionalnya di akhir musim. Namun, ia berharap bisa mempersembahkan trofi terakhir bagi The Gunners.

"Ini adalah musim ke-20 saya sebagai pemain profesional dan sudah 20 tahun sejak saya menandatangani kontrak profesional pertama saya. Jadi rasanya saat ini waktu yang tepat untuk mengumumkan pensiun pada akhir musim ini," tulis Cech dalam Twitter pribadinya.

"Selama 15 tahun di Liga Primer dan memenangkan setiap trofi, saya merasa telah mencapai semua target yang saya rencanakan. Saya akan terus bekerja keras di Arsenal untuk memenangkan satu trofi lagi musim ini," sambungnya. (jun/jun)


BACA JUGA