GSP Sebut UFC Khawatir Khabib Kalah

CNN Indonesia | Sabtu, 23/02/2019 17:15 WIB
GSP Sebut UFC Khawatir Khabib Kalah Georges St-Pierre menilai UFC khawatir bila Khabib Nurmagomedov menelan kekalahan. (Isaac Brekken/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda UFC, Georges St-Pierre [GSP] menilai UFC khawatir Khabib Nurmagomedov menderita kekalahan sehingga rencana duel Khabib lawan GSP bakal sulit terwujud.

Khabib menaruh hormat besar kepada GSP dan menganggap GSP adalah salah satu petarung yang jadi idola dirinya ketika ia masih berusia muda. Khabib berharap ia bisa mendapatkan kesempatan berduel lawan GSP sebelum GSP pensiun.

GSP menyambut baik tantangan Khabib dan ia juga mengaku antusias untuk bisa melaksanakan duel tersebut. Namun GSP menilai duel GSP lawan Khabib tidak akan bagus bila dilihat dari sisi bisnis.


"Saya bukan orang yang memahami bisnis, namun duel ini adalah risiko yang tak akan mau mereka [UFC] ambil. Saya sudah lebih tua dan duel itu bisa jadi duel terakhir dalam karier saya."
Georges St-Pierre menilai Khabib Nurmagomedov adalah investasi terbesar UFC saat ini.Georges St-Pierre menilai Khabib Nurmagomedov adalah investasi terbesar UFC saat ini. (Mike Stobe/Getty Images/AFP)
"Saya memilih bertarung satu kali dalam sebuah momen dan saya tak tertarik terlibat dalam duel yang membuat saya terikat pada garansi saya harus melakukan pertarungan lain bila saya menang. Saya sudah tidak ada dalam tahap itu," kata GSP kepada ESPN, dikutip dari MMA Mania.

GSP menganggap Khabib adalah aset terbesar UFC saat ini. Jadi, UFC akan sebisa mungkin menjaga Khabib.

"Dia lebih muda. Dia adalah investasi. Saya adalah masa lalu, dan ia adalah masa kini. Khabib adalah tokoh utama yang bisa membantu UFC terus berkembang dan mencapai level yang berbeda [dari yang ada selama ini] dalam hal popularitas."
Popularitas Khabib Nurmagomedov melesat usai mengalahkan Conor McGregor.Popularitas Khabib Nurmagomedov melesat usai mengalahkan Conor McGregor. (REUTERS/Said Tsarnayev)
"UFC menyadari benar hal itu. Olahraga bela diri adalah olahraga yang bisa membuat pelakunya kalah pada kapanpun. Mungkin, hal inilah risiko yang tak ingin mereka ambil, dalam sudut pandang bisnis," ucap GSP.

Khabib sendiri saat ini masih dalam masa larangan bertanding akibat kerusuhan yang ia lakukan selepas duel lawan Conor MCGregor pada bulan Oktober lalu. Khabib dihukum sembilan bulan namun bisa bebas di bulan April bila ia melakukan kerja sosial.

Alih-alih patuh terhadap hal tersebut, Khabib justru berencana untuk tidak bertarung hingga bulan Oktober atau November, melebihi batas waktu sanksi yang ditetapkan. (ptr/ptr)