Paha Berotot Buat Cristiano Ronaldo Jadi Master Gol Sundulan

CNN Indonesia | Sabtu, 16/03/2019 20:24 WIB
Paha Berotot Buat Cristiano Ronaldo Jadi Master Gol Sundulan Cristiano Ronaldo punya kekuatan lompatan yang luar biasa. (REUTERS/Alberto Lingria)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pemain sepak bola, Tony Cascarino berpendapat paha berotot yang dimiliki Cristiano Ronaldo punya peran penting di balik keberhasilan Ronaldo mencetak gol-gol sundulan yang luar biasa, termasuk di babak 16 besar Liga Champions.

Ronaldo jadi bintang kemenangan Juventus atas Atletico Madrid pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Ronaldo mencetak hattrick ke gawang Jan Oblak dan dua gol di antaranya dihasilkan lewat sundulan kepala.

Dalam dua gol sundulan kepala tersebut, Ronaldo menunjukkan kemampuan melompat dan seolah melayang di udara beberapa saat karena ia bisa bertahan di udara sebelum akhirnya menembakkan bola lewat sundulan.


"Ada beberapa tipe cara menyundul bola, seperti halnya menendang. Seorang pemain bisa menyundul dengan bagian samping kiri kepala, samping kanan, dahi, ataupun bagian atas kepala."

"Sundulan Ronaldo seperti sebuah swing golf yang sempurna. Ketika semuanya berjalan baik, maka tersisa peluang yang kecil untuk menghentikan itu," kata Cascarino seperti dikutip dari Daily Star.

Cascarino meyakini Ronaldo telah bekerja keras untuk menempa tubuhnya agar bisa melakukan lompatan yang luar biasa.
Cristiano Ronaldo jadi bintang keberhasilan Juventus lolos ke perempat final Liga Champions.Cristiano Ronaldo jadi bintang keberhasilan Juventus lolos ke perempat final Liga Champions. (Marco BERTORELLO / AFP)
"Tubuh bagian atas Ronaldo berubah drastis dalam beberapa tahun terakhir dan jelas Ronaldo menghabiskan banyak waktu untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas miliknya. Hal itu membuat dirinya bisa berada di udara dan menempatkan dirinya di posisi yang tepat untuk menyundul bola."

"Kekuatan paha Ronaldo juga punya peran penting dalam tinggi lompatan. Ronaldo punya paha yang besar namun ia bekerja keras untuk membuatnya berotot. Hal itu punya peran penting di balik kedahsyatan Ronaldo dalam melompat," ujar Cascarino.

Cascarino yang dikenal memiliki kepiawaian dalam sundulan kepala juga secara jujur mengakui Ronaldo memiliki kemampuan di atas dirinya dan banyak pemain lain.

Paha Berotot Buat Cristiano Ronaldo Jadi Master Gol Sundulan
"Saya selalu menilai bagian terbaik dari permainan saya adalah sundulan kepala dan tidak banyak pemain yang lebih baik dari saya di Inggris ketika saya masih bermain di Inggris."

"Namun Ronaldo memiliki kelas di atas setiap pemain yang pernah ada di sepak bola." (ptr/ptr)