Tendangan Bebas Messi Lebih 'Mematikan' dari Ronaldo

CNN Indonesia | Selasa, 19/03/2019 06:40 WIB
Tendangan Bebas Messi Lebih 'Mematikan' dari Ronaldo Tendangan bebas Lionel Messi lebih 'mematikan' dibandingkan Cristiano Ronaldo. (REUTERS/Marcelo del Pozo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tendangan bebas Lionel Messi disebut lebih mematikan dari Cristiano Ronaldo, termasuk jika dibandingkan dengan Ronaldinho dan Roberto Carlos.

Berdasarkan catatan dari MisterChip ESPN, Messi memiliki rata-rata gol yang sangat impresif dari tendangan bebas. La Pulga sudah mengoleksi 28 gol dari 330 kali percobaan tendangan bola mati tersebut sepanjang kariernya.

Dengan demikian, penyerang asal Argentina itu memiliki rata-rata gol sebesar 8,5 persen.


Di bawah Messi ada Ronaldinho yang menempel ketat. Mantan penyerang itu baru memasukkan 15 gol dari 205 percobaan melalui tendangan bebas atau rata-rata 7,3 persen.

Ronaldo justru ada di urutan ketiga dengan total 19 kali gol dari 310 kali percobaan tendangan bebas atau hanya 6,1 persen sepanjang kariernya.

Tendangan Bebas Messi Lebih 'Mematikan' dari RonaldoCristiano Ronaldo mencetak 19 gol dari 310 percobaan tendangan bebas. (REUTERS/Waleed Ali)
Mantan bek sayap Real Madrid, Roberto Carlos, ada di urutan keempat dengan mengoleksi 16 gol melalui 382 percobaan tendangan bebas atau rata-rata hanya 4,2 persen.

Yang menarik seperti dikutip dari Eleven Sports, jumlah gol Messi melalui tendangan bebas jika ditarik dari musim 2011/2012 mengalahkan gol-gol tendangan bebas yang pernah dicetak para pemain Real Madrid.

La Pulga mencetak 25 gol dari musim itu, sementara koleksi gol Los Blancos, termasuk Ronaldo hanya 24 gol melalui tendangan bola mati tersebut.

Messi mencetak hattrick dan membantu Barcelona mengalahkan Real Betis 4-1 pada laga lanjutan Liga Spanyol 2018/2019 di Stadion Benito Villamarin, Minggu (17/3). Gol pembuka La Pulga ke gawang Betis dilesakkan melalui tendangan bebas yang sangat ciamik dari depan kotak penalti.

Tendangan Bebas Messi Lebih 'Mematikan' dari Ronaldo
Bola tendangan kaki kiri Messi meluncur kencang mengarah ke gawang sebelah pojok kanan atas dan tak mampu dijangkau Pau Lopez dan bersarang.

Gol ketiga Messi ke gawang Betis juga tercipta sangat indah. Menerima bola dari Ivan Rakitic, Messi melepaskan tendangan chip setelah melihat posisi Pau Lopez agak maju. Pau Lopez lalu coba merentangkan tangan untuk menjangkau bola namun gagal.

Messi sendiri memilih merendah ketika menjawab pertanyaan para wartawan soal gol-gol indah yang ia ciptakan ke gawang tim tuan rumah.

"Saya tidak tahu. Saya hanya merasa beruntung bola bisa masuk ke gawang, namun di atas segalanya bahwa kami berhasil mendapatkan tiga poin," ucap Messi dikutip dari AS.

(bac/bac)