Mourinho: Dulu Real Madrid Takut pada Lyon

CNN Indonesia | Rabu, 20/03/2019 07:32 WIB
Mourinho: Dulu Real Madrid Takut pada Lyon Jose Mourinho menyatakan bahwa Real Madrid sempat demam panggung menghadapi Liga Champions. (AFP PHOTO / JAIME REINA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pelatih Real Madrid, Jose Mourinho menyatakan Los Blancos berada dalam kondisi buruk saat ia baru datang ke tim tersebut.

Keberhasilan Mourinho mengantar Inter Milan meraih treble membuat Real Madrid tertarik merekrutnya. Mourinho setuju dengan tantangan tersebut dan pergi ke Madrid.

Meski hanya meraih tiga gelar, yaitu La Liga, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol, Mourinho menilai ada perubahan besar yang terjadi selama ia datang ke Real Madrid yang kemudian berdampak pada Real Madrid di musim-musim berikutnya saat Real Madrid meraih empat trofi Liga Champions.


"Saya bukan yang terbaik dalam hal statistik namun Real Madrid tidak lagi menapak perempat final Liga Champions [sebelum Mourinho datang]. Saya ingat di musim pertama, kami menghadapi Lyon di babak 16 besar dan kemudian klub terlihat takut."

Jose Mourinho kembali membawa Real Madrid ke rutin ke fase akhir Liga Champions.Jose Mourinho kembali membawa Real Madrid ke rutin ke fase akhir Liga Champions. (AFP PHOTO / JAVIER SORIANO)
"Saya tidak bisa mengerti mengapa Real Madrid takut pada Lyon. Lyon memang tim bagus, namun yang membuat mereka takut adalah kenyataan yang ada di musim sebelumnya yang terbilang negatif," ujar Mourinho dikutip dari Marca.

Mourinho lalu berhasil membawa Real Madrid ke semifinal Liga Champions di musim perdananya sebelum akhirnya terhenti di tangan Barcelona.

Di musim kedua, Mourinho kembali mengantar Real Madrid ke babak semifinal Liga Champions. Kali ini mereka kalah dari Bayern Munchen lewat drama adu penalti.

"Pada musim terbaik kami, Real Madrid meraih rekor 100 poin di La Liga dan mencapai semifinal, kalah lewat penalti. Pilihan saya adalah menempatkan tiga pemain terbaik dalam adu penalti untuk memberikan tekanan pada lawan namun kami gagal di tiga kesempatan tersebut [Cristiano Ronaldo, Kaka, Sergio Ramos]."

Mourinho: Dulu Real Madrid Takut pada Lyon
"Meski gagal, kebanggaan akan nama besar dalam diri Real Madrid telah kembali. Kemudian Carlo Ancelotti datang dan sukses meraih trofi Liga Champions," kata Mourinho yang juga mengantar Real Madrid lolos ke semifinal Liga Champions di musim 2012/2013.

Real Madrid akhirnya meraih trofi Liga Champions di musim 2013/2014 setelah Mourinho hengkang ke Chelsea. Los Blancos menang 4-1 atas Atletico Madrid di partai puncak. (ptr/ptr)