Mantan Pemain Liga Inggris Ditangkap Terkait Kartel Narkoba

CNN Indonesia | Kamis, 21/03/2019 02:00 WIB
Mantan Pemain Liga Inggris Ditangkap Terkait Kartel Narkoba Mantan pemain timnas Kolombia yang pernah merumput di Liga Inggris ditangkap polisi karena diduga terkait kartel narkoba. (AFP PHOTO / LUIS ROBAYO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan gelandang asal Kolombia yang pernah merumput di Liga Inggris, Jhon Viafara, ditangkap polisi Kolombia karena diduga terkait kartel narkoba.

Viafara tercatat pernah memperkuat klub Inggris Portsmouth pada 2005/2006 dan Southampton pada 2006/2008. Ia juga pernah membela klub Spanyol, Real Sociedad dengan status sebagai pemain pinjaman.

Ia bahkan tercatat pernah membela timnas Kolombia pada 2003 hingga 2010 dengan 34 kali penampilan di laga-laga internasional.


Kepala jaksa penuntut umum Kolumbia mengatakan jaksa penuntut umum di Texas meyakini Viafara merupakan bagian dari kartel narkoba Gulf yang paling ditakuti di negara tersebut.

Jhon Viafara pernah memperkuat timnas Kolombia selama tujuh tahun. (Jhon Viafara pernah memperkuat timnas Kolombia selama tujuh tahun. (Foto: PABLO PORCIUNCULA / AFP)
Kartel itu lebih dari satu dekade telah memindahkan muatan kokain yang sangat besar menggunakan kapal cepat melewati Samudera Pasifik ke Amerika Tengah, termasuk ke Amerika Serikat.

Dikutip dari Sportskeeda, Viafara ditangkap pada Selasa (19/3) bersama empat orang lainnya dekat dengan Kota Cali setelah mengalami kecelakaan mobil. Pihak kepolisian setempat menyatakan ia mengebut dalam keadaan mabuk berat.

Peredaran kokain yang begitu besar di Kolombia kerap menjadi daya tarik para mantan pesepakbola menjadi salah satu pengedar. Dengan menjadi pengedar dan tetap mendapatkan uang banyak, sang mantan pemain itu bisa menjaga gaya hidup mewah dan glamornya seperti saat ia masih menjadi pemain.

Sebulan lalu, salah satu mantan bek timnas Kolombia, Diego Leon Osorio juga didakwa karena telah menjadi pengedar narkoba di negara tersebut. Ia juga memiliki jaringan internasional.
Mantan Pemain Liga Inggris Ditangkap Terkait Kartel Narkoba
Sama halnya dengan Osorio, Viafara juga diduga kuat bagian dari kartel narkoba Kolombia yang lebih besar dengan jaringan internasional di Amerika Serikat dan Amerika Tengah.

Pria 40 tahun itu mengakhiri kariernya sebagai pemain pada 2015. Klub terakhirnya adalah Rionegro Aguilas asal Kolombia. (bac/bac)