Prediksi Southampton vs Liverpool: The Reds Wajib ke Puncak

CNN Indonesia | Jumat, 05/04/2019 12:53 WIB
Prediksi Southampton vs Liverpool: The Reds Wajib ke Puncak Liverpool harus menemukan kembali permainan terbaik Mohamed Salah. (REUTERS/Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool wajib meraih kemenangan atas Southampton pada lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion St Mary's, Jumat (5/4) malam waktu setempat, demi memberi tekanan kepada Manchester City di masa-masa krusial enam laga tersisa.

Dengan enam pertandingan Liga Inggris tersisa musim ini Liverpool masih tertinggal satu poin dari Man City. Dengan Man City tidak akan menjalani pertandingan Liga Inggris akhir pekan ini, maka kemenangan Liverpool atas Southampton bisa memberi tekanan kepada The Citizens.

Menang atas Southampton maka Liverpool (79 poin) akan unggul dua poin atas Man City. Dengan leg pertama Liga Champions (vs Tottenham Hotspur) akan digelar pekan depan, beban berat akan dirasakan Man City jika Liverpool berhasil menggeser mereka dari puncak klasemen.


Bukan tugas mudah bagi Liverpool untuk mengalahkan Southampton, yang belakangan bangkit bersama manajer Ralph Hassenhuttl. Tiga kemenangan dalam lima pertandingan terakhir membuat The Saints untuk sementara keluar dari zona degradasi Liga Inggris. Tapi, Soton hanya unggul lima poin dari zona degradasi. Dengan demikian kemenangan, atau setidaknya torehan satu poin, saat menjamu Liverpool penting bagi mereka.

Liverpool menang 3-0 atas Southampton pada pertemuan pertama di Liga Inggris musim ini.Liverpool menang 3-0 atas Southampton pada pertemuan pertama di Liga Inggris musim ini. (REUTERS/Phil Noble)
Di atas kertas Liverpool jelas diunggulkan. Namun, setelah kemenangan atas Tottenham yang diwarnai keberuntungan, akhir pekan lalu, manajer Liverpool Juergen Klopp harus bisa meningkatkan kinerja lini depan yang dalam beberapa pertandingan terakhir kesulitan mencetak gol, terutama Mohamed Salah.

Dalam dua pertandingan terakhir di Liga Inggris, Liverpool hanya mampu mencetak dua gol. Ketika melawan Fulham, Liverpool mencetak gol pertama lewat Sadio Mane dan harus menunggu hingga menit ke-81 untuk menciptakan gol kemenangan lewat penalti James Milner.

Terakhir ketika melawan Tottenham, Liverpool membuka keunggulan lewat Roberto Firmino dan baru mampu memastikan kemenangan saat injury time babak kedua lewat gol bunuh diri Toby Alderweireld.

Salah sudah tidak mampu mencetak gol dalam delapan pertandingan terakhir di semua kompetisi bersama Liverpool. Pemain asal Mesir itu bermain penuh beban hingga terlihat terlalu egois ketika melakukan penguasaan bola dalam beberapa laga terakhir.

Prediksi Southampton vs Liverpool: The Reds Wajib ke Puncak
Liverpool mungkin tidak butuh Salah kembali ke performa terbaiknya untuk bisa menjadi juara Liga Inggris musim ini. Tapi, semuanya akan lebih mudah bagi Liverpool jika Salah menemukan sentuhan terbaiknya.

Rekor Bagus

Selain kabar Virgil van Dijk pulih dan bisa bermain di St Mary's, Liverpool juga memiliki statistik yang bisa menjadi modal berharga jelang melawan Southampton. Dikutip dari Opta, Liverpool selalu menang dalam tiga pertemuan terakhir melawan Soton di Liga Primer dengan agregat skor 8-0.

Juergen Klopp harus mengembalikan performa terbaik Mohamed Salah.Juergen Klopp harus mengembalikan performa terbaik Mohamed Salah. (REUTERS/Andrew Yates)
Total Southampton sudah gagal mencetak gol ke gawang Liverpool dalam pertemuan terakhir. Liverpool tidak pernah kalah dalam 13 pertandingan terakhir di semua kompetisi. The Reds juga menjadi tim dengan rekor tandang terbaik di Liga Primer musim ini, meraih sepuluh kemenangan dari 16 laga tandang.

Satu-satunya kekalahan tandang dialami Liverpool saat melawan Manchester City 1-2, pada Januari 2019.

Perkiraan Susunan Pemain

Southampton: Angus Gunn; Yan Valery, Jan Bednarek, Maya Yoshida, Ryan Bertrand; Oriol Romeu, Pierre-Emile Hojbjerg, James Ward-Prowse, Stuart Armstrong; Nathan Redmond, Charlie Austin.

Liverpool: Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Georginio Wijnaldum, Fabinho, James Milner; Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino. (har/sry)