Peran Krusial Kane di Balik Comeback Tottenham

CNN Indonesia | Kamis, 09/05/2019 14:29 WIB
Peran Krusial Kane di Balik Comeback Tottenham Harry Kane punya peran penting di balik sukses Tottenham Hotspur lolos ke final Liga Champions. (Action Images via Reuters/Matthew Childs)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suntikan semangat dari penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane, saat jeda babak pertama mendongkrak semangat rekan-rekannya untuk mengalahkan Ajax Amsterdam pada leg kedua semifinal Liga Champions di Stadion Johan Cruijff Arena, Rabu (8/5) malam waktu setempat.

Pertandingan berlangsung menegangkan, khususnya bagi skuat asuhan Mauricio Pochettino. Hugo Lloris dan kawan-kawan hanya punya waktu 45 menit untuk membalikkan keadaan dengan mencetak tiga gol setelah mental mereka runtuh di babak pertama karena Ajax sukses mencetak dua gol.

Dua gol Ajax dicetak secara cepat oleh Matthijs De Ligt pada menit kelima dan Hakim Ziyech (35').


"Babak pertama yang mengecewakan, kami membiarkan mereka bermain. Saya pergi ke ruang ganti saat jeda dan kami tahu permainan kami belum cukup baik. Kami tahu masih tersisa 45 menit untuk mengeluarkan seluruh kemampuan," kata Kane seperti dikutip dari Reuters pada Kamis (9/5).

Peran Krusial Kane di Balik Comeback TottenhamTottenham Hotspur menyingkirkan Ajax Amsterdam di semifinal Liga Champions. (Action Images via Reuters/Matthew Childs)
"Saya tahu betapa berartinya Liga Champions ini buat klub. Para pemain menunjukkan hasrat yang besar untuk menang dan itu yang kami butuhkan. Kami harus bersabar sampai berhasil mencetak gol ketiga dan kami telah menemukan caranya," katanya menambahkan.

Klub asal London Utara itu bermain tanpa beban di babak kedua dan sukses membalikkan keadaan. Tiga gol secara mengejutkan berhasil dicetak Lucas Moura pada menit ke-55', 59', dan 90+6'.

Peran Krusial Kane di Balik Comeback Tottenham
"Saya tidak mampu berkata-kata. Saya seorang penggemar Tottenham, saya ingin menang dan saya tahu arti dari kemenangan ini buat klub. Saya menyaksikan pertandingan dan berpikir tentang apa yang bisa saya lakukan dari luar lapangan, di saat para pemain lain menunjukkan hasrat, semangat, dan hati mereka untuk memenangkan laga," ucap Kane.

Kane tidak memperkuat Spurs lantaran cedera lutut yang dialami ketika Tottenham menang 1-0 atas Manchester City di leg pertama perempat final Liga Champions, 10 April lalu. Lebih lanjut, Kane mengabarkan pemulihan dia berjalan dengan baik.

"Saya mulai berlari di lintasan yang lurus pekan ini. Kami [Spurs] berhasil mengalahkan Manchester City dan Ajax, jadi saya berlatih dengan lebih keras lagi untuk membuktikan diri kepada sang pelatih. Kami harus melalui ini dan menatap final [Liga Champions," ucapnya melanjutkan.

Spurs lolos ke final Liga Champions dengan kunggulan gol tandang dari Ajax dalam agregat 3-3. Di partai puncak, mereka akan berhadapan dengan Liverpool di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, pada 1 Juni 2019. (map)