Tyson Jadi Petinju karena Burung Dara Peliharaan Dibunuh

CNN Indonesia | Minggu, 30/06/2019 14:35 WIB
Tyson Jadi Petinju karena Burung Dara Peliharaan Dibunuh Mike Tyson jadi petinju gara-gara burung dara. (TORU YAMANAKA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian atlet hebat memiliki cerita awal menarik terkait inspirasi mereka berkecimpung di dunia olahraga. Untuk Mike Tyson, inspirasi mantan juara dunia tinju kelas berat itu adalah burung dara.

Tyson merupakan salah satu juara dunia kelas berat terbaik sepanjang sejarah. Petinju berjuluk Iron itu memiliki rekor 50 menang (40 menang KO), kalah enam kali, dan dua no contest sepanjang kariernya.

Dalam program acara Taking on Tyson, pria yang kini beralih menjadi pebisnis dan bintang film itu menceritakan insiden yang membuatnya sadar bisa menjadi petinju. Semua bermula dari seorang teman Tyson yang membunuh peliharaan burung daranya.


"Saya masih sembilan atau sepuluh tahun. Saya punya sekitar 200 burung dara. Saya menunjukkannya ke orang yang saya pikir teman saya. Dia membawa sejumlah orang datang ke rumah dan mereka mengambil burung saya," ujar Tyson dikutip dari MNN.

"Satu orang bilang, 'Kamu menginginkan burung ini? Kemudian ada darah di wajah saya [karena burung dara dibunuh]. Saya berusaha melawannya. Saya ketakutan. Saya tidak benar memukulnya, tapi saya memukul lebih banyak, jadi saya pikir saya menang. Itu awal cerita pertarungan saya," sambung Tyson.

Mike Tyson salah satu petinju yang disegani di masanya.Mike Tyson salah satu petinju yang disegani di masanya. (AFP FILES / AFP)
Kemampuan bertinju Tyson kemudian diketahui pria bernama Bobby Stewart, yang kemudian memperkenalkan Tyson kepada pelatih pertamanya, Cus D'Amato.

Tyson Jadi Petinju karena Peliharaan Burung Dara Dibunuh
Kecintaan Tyson terhadap burung dara masih terjaga hingga saat ini. Pemain film The Hangover itu mengaku tidak bisa menjelaskan alasan mencintai burung dara.

"Hal pertama yang saya cintai di dunia ini adalah burung dara saya. Saya tidak tahu kenapa. Saya merasa bodoh ketika berusaha menjelaskannya. Burung dara adalah bagian dari hidup saya, menjaga kewarasan saya lewat cara yang aneh," ucap Tyson. (har/sry)